Dinkes Sleman mulai layani vaksinasi warga pralansia

Dinkes Sleman mulai layani vaksinasi warga pralansia

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo. Foto ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan terus mempercepat vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat dan mulai membuka pelayanan vaksinasi bagi warga kategori pralansia atau yang berusia 50 hingga 60 tahun.

"Setelah vaksinasi bagi tenaga kesehatan, petugas publik dan warga lanjut usia (lansia), saat ini kami mulai membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pralansia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo di Sleman, Selasa.

Menurut dia, vaksinasi COVID-19 bagi pralansia ini dilayani mulai Juni 2021 di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) dan puskesmas yang ada di Kabupaten Sleman.

"Sedangkan untuk sasaran vaksinasi meliputi warga yang berdomisili di Kabupaten Sleman, dan tidak harus ber-KTP Sleman," katanya.

Baca juga: Tim Dekontaminasi COVID-19 Sleman kebumikan 15 jenazah saat Lebaran

Baca juga: 1.000 tenaga pengajar PTS di Sleman ikuti vaksinasi COVID-19


Sedangkan untuk warga yang hendak mengikuti vaksinasi dapat mendaftarkan di website Form Pendaftaran Vaksinasi Kabupaten Sleman" https://daftarvaksin.slemankab.go.id.

"Setelah mendaftarkan vaksinasi, kemudian menunggu pemberitahuan jadwal pelaksanaan vaksinasi," katanya.

Joko mengatakan, untuk capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sleman hingga 31 Mei 2021 meliputi vaksinasi tahap terhadap SDM Kesehatan dosis pertama mencapai 118,18 persen dan dosis kedua 105,82 persen.

Kemudian vaksinasi bagi petugas publik saat ini juga masih terus berjalan dan telah mencapai untuk dosis pertama 77,33 persen, dosis kedua 63,84 persen dan lansia dosis pertama 82,37 persen, dosis kedua 63,06 persen.

"Kami tetap mengharapkan masyarakat untuk selalu disiplin dan taat protokol kesehatan dan menerapkan hidup bersih dan sehat agar siap divaksin pada waktunya," katanya.

Baca juga: Epidemiolog: Mobilitas warga Kecamatan Ngemplak Sleman perlu dibatasi

Baca juga: Dalam sepekan kasus positif COVID-19 di Sleman menunjukkan angka naik
Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021