Bupati Gresik minta agar Smelter Freeport dibangun di wilayahnya

Bupati Gresik minta agar Smelter Freeport dibangun di wilayahnya

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani. ANTARA/Malik Ibrahim.

Gresik, Jatim (ANTARA) - Bupati Gresik, Jatim, Fandi Akhmad Yani meminta agar pemurnian dan pengolahan atau Smelter PT Freeport Indonesia dibangun di wilayahnya, karena mengklaim jumlah tenaga kerja dan lokasi pembangunan di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di wilayah Kecamatan Manyar telah siap.

"Kami minta agar mempertahankan smelter biar bisa dibangun di Gresik, agar ada komitmen dibangun di Kabupaten Gresik. Progres tanah selesai, investasi lahan sudah masuk, mudah-mudahan ada kejelasan," katanya saat menerima kunjungan Anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Hisjam ke Kabupaten Gresik, Jumat.

Menanggapi hal itu, Ridwan mendukung agar Smelter tetap di Gresik. Bahkan, dirinya mengaku telah meminta dukungan dari seluruh pihak mulai dari tokoh.

Ridwan menegaskan, kepentingan program pertambangan energi di Gresik menjadi perhatian bersama.

Ia menjelaskan, apabila Smelter Freeport dibangun di Gresik. BUMD Gresik akan bisa masuk dalam program ini, dan tambang ada prioritas, serta pemerintah daerah punya saham partisipasi.

"Lahan dan jumlah tenaga kerja sudah sangat siap di Gresik. Sebanyak tenaga kerja 10 ribu pun siap, kami perjuangkan selama belum di dok," katanya.

Politisi Golkar itu menyebut, proyek Smelter di Gresik sudah dirintis sejak lama. Bahkan saat dirinya masih duduk di pucuk pimpinan DPRD Jatim.

"Dengan adanya Smelter di Gresik akan menjadi multi player effect. Selain menyerap sebanyak 10 ribu orang tenaga kerja, ditambah lagi pertumbuhan seperti mobil, motor, menjadi perputaran ekonomi di Jawa Timur khususnya Gresik akan terangkat," katanya.

Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa Smelter Freeport harus ada di Gresik, dan dipastikan di tahun 2024 Smelter sudah beroperasi.

"Selama ini juga ada Smelter di PT Smelting, namun kapasitasnya 10 kali lipat lebih kecil. Smelter Freeport di Gresik yang direncanakan 2 juta ton dengan nilai investasi 3 miliar dolar AS," katanya.

Baca juga: DPR desak Freeport percepat pembangunan smelter

Baca juga: Inalum ajukan penundaan proyek smelter Freeport di Gresik

Baca juga: Menperin tinjau langsung progres smelter Freeport di Gresik

 
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021