Pasar Bauntung Banjarbaru lama terbakar akibatkan puluhan kios hangus

Pasar Bauntung Banjarbaru lama terbakar akibatkan puluhan kios hangus

Pasar Bauntung Banjarbaru yang lama di Jalan Lanan, Kelurahan Kemuning, Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan terbakar, Jumat (28/5/2021). (ANTARA/Yose Rizal)

Banjarmasin (ANTARA) - Pasar Bauntung Banjarbaru yang lama di Jalan Lanan, Kelurahan Kemuning, Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan terbakar sekitar pukul 14.30 WITA, sehingga menghabiskan puluhan bangunan kios pedagang di bagian depan bekas pasar itu.

Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, di Banjarbaru, Jumat, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait kebakaran di bekas pasar terbesar di Banjarbaru sebelum dipindah ke lokasi baru Jalan RO Ulin.

"Kami sudah terima informasinya, soal penyebab tentu masih diselidiki. Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa," ujar Wali Kota saat ditemui di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalsel, di Banjarbaru.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah yang ikut mendampingi Wali Kota di Kantor BPK RI, usai acara langsung mendatangi lokasi kebakaran dan melihat kondisi bangunan yang habis terbakar.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, tapi kalau dikaitkan karena aliran listrik, kemungkinan tidak karena sejak ditutup, aliran listrik di kawasan pasar sudah dimatikan," ujar Sekda di lokasi kebakaran.

Diketahui, eks Pasar Bauntung yang hangus terbakar di blok paling depan sebanyak 22 toko berbentuk leter U, ditambah satu mushalla dan Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lantai 2 yang tinggal puing bangunan.

Kobaran api baru bisa dipadamkan sekitar setengah jam setelah belasan mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan BPK mandiri mendatangi lokasi kebakaran.

Sampai saat ini berdasarkan informasi yang didapat di lapangan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.
Baca juga: Petugas berhasil padamkan belasan kios terbakar di Terminal Senen
Baca juga: 30 unit kios pasar hangus terbakar di Aceh Tamiang
Pewarta : Gunawan Wibisono/Yose Rizal
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021