Dari mulai dibuka pendaftaran pada akhir Maret lalu hingga saat ini tercatat sebanyak 13 maskapai anggota INACA telah mengikuti program vaksin ini
Jakarta (ANTARA) - Indonesia National Air Carrier Association (INACA) mengapresiasi upaya PT Garuda Indonesia (Persero) memfasilitasi pemberian vaksin COVID-19 untuk pilot dan kru maskapai di Tanah Air.

Ketua INACA Denon Prawiraatmadja berterima kasih kepada Garuda Indonesia yang telah bersedia memberikan tempat, tenaga kesehatan, dan fasilitas lainnya agar para maskapai yang merupakan anggota INACA mendapatkan vaksin, yang saat ini tengah didistribusikan oleh pemerintah kepada pihak-pihak yang wajib menerimanya.

"Kegiatan ini sangat membantu anggota INACA, dimana kami sebagai para pekerja transportasi udara akan lebih aman dalam menjalankan tugas melayani masyarakat. Sebab, kita ketahui bersama bahwa para petugas dari maskapai yang berada di barisan terdepan seperti pilot, pramugari, dan juga petugas darat di bandara sangat rentan terpapar virus corona ini. Karenanya, dengan mendapatkan vaksin membuat mereka terlindungi," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: INACA: Pekerja industri penerbangan bakal divaksin mulai April 2021

Ia juga merinci bahwa dari mulai dibuka pendaftaran pada akhir Maret lalu hingga saat ini tercatat sebanyak 13 maskapai anggota INACA telah mengikuti program vaksin ini. Yakni, Indonesia Air Asia, Transnusa Avation, Airfast Indonesia, Sriwijaya Air, NAM Air, Whitesky Aviation, Weststar Aviation Indonesia, Indonesia Air Transport, National Utility Helicopters, Travel Express Aviation Services, Pegasus Air Service, Smart Aviation, dan Derazone Air Service.

"Dari 13 maskapai tersebut sebanyak 399 orang air crew telah mendapatkan vaksin pada tahap pertama. Sedangkan, untuk vaksin tahap kedua baru sebanyak 195 orang dan masih akan terus berlangsung hingga selesai semua sesuai kuota awalnya," kata Denon.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan bahwa apa yang dilakukan pihaknya ini merupakan sebuah upaya membantu pemerintah, yang dalam hal ini Kementerian Kesehatan, dalam mempercepat pendistribusian vaksin COVID-19 kepada awak transportasi, khususnya transportasi udara.

"Kami sebagai maskapai BUMN mempunyai kewajiban mendukung langkah pemerintah dalam mempercepat pendistribusian vaksin ini. Terlebih lagi, Garuda Indonesia sebagai anggota INACA mempunyai tanggung jawab untuk memperhatikan kebutuhan dan keperluan sesama anggota," katanya.

Irfan yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina INACA ini berharap bahwa dengan diberikannya vaksin kepada air crew maskapai dapat meningkatkan kekebalan para petugas yang berada di lapangan. Hal ini juga dapat menurunkan kasus penyebaran COVID-19 sehingga perekonomian di Indonesia kembali normal.

Baca juga: Garuda Indonesia jadi maskapai pertama yang seluruh kru telah divaksin
Baca juga: Garuda Indonesia resmi jadi maskapai penerbangan kontingen Indonesia

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021