Indragiri Hilir (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir di Provinsi Riau menggratiskan pelayanan tes antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 bagi pelajar dan santri yang hendak kembali ke daerah tujuan belajar untuk melanjutkan pendidikan.

Para pelajar dan santri yang hendak kembali ke daerah tujuan belajar membutuhkan hasil tes antigen negatif COVID-19 untuk menggunakan pelayanan transportasi dan masuk ke lingkungan sekolah.

"Kebutuhan ekonomi orang tua mereka semakin banyak. Kasihan juga kalau harus dibebankan dengan biaya (tes) swab, maka itu kita gratiskan saja," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Selasa.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau itu meminta para petugas kesehatan melayani dengan baik pelajar dan santri yang harus menjalani tes antigen untuk kembali ke daerah tujuan belajar.

"Supaya mereka dapat kembali berangkat menuntut ilmu," katanya, lalu mengingatkan supaya fasilitas tersebut tidak disalahgunakan.

Bupati Indragiri Hilir dua periode itu juga menggratiskan layanan pemeriksaan COVID-19 bagi pelajar dan santri tahun lalu.

Para pelajar dan santri bisa mengakses layanan pemeriksaan antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan dan seluruh puskesmas.

Baca juga:
Pekerja informal yang balik ke Jakarta jalani tes antigen di Pancoran
Santri di Sumenep dapat fasilitas tes cepat antigen gratis

Pewarta: Adriah Akil
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021