Fly over Tapal Kuda diharapkan dukung kemajuan DKI Jakarta

Fly over Tapal Kuda diharapkan dukung kemajuan DKI Jakarta

Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji (tengah) ketika menghadiri pencanangan HUT ke-494 Jakarta di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Lenteng Agung, Jagakarsa, Senin (24/5/2021). (ANTARA/HO-Sudin Kominfotik Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengharapkan hadirnya jalan layang atau "fly over" Tanjung Barat dan Lenteng Agung dapat mendukung kemajuan bagi warga Jakarta Selatan.

"Fly over Tanjung Barat dan Lenteng Agung merupakan ikon baru  dengan harapan Jakarta Selatan menjadi semakin  baik dan maju  sehingga membuat masyarakatnya semakin bahagia," katanya saat menghadiri pencanangan HUT ke-494 Jakarta di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Lenteng Agung, Senin.

Baca juga: Bina Marga DKI uji coba jalan layang Lenteng Agung-Tanjung Barat

Isnawa mengatakan pembangunan jalan layang berbentuk tapal kuda  "fly over" Tanjung Barat dan Lenteng Agung merupakan program penataan untuk mempercantik kota Jakarta Selatan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jalan layang itu, ucap dia, menjadi ikon baru dengan dilengkapi warna warni di Jakarta Selatan yang disebut menimbulkan kebahagiaan dan kebaruan.

Baca juga: Bina Marga DKI lengkapi rambu dan CCTV di jalan layang tapal kuda

Kebahagiaan, kata dia, karena dua jalan layang itu dapat mengurai kemacetan lalu lintas yang dulu kerap terjadi di kawasan Lenteng Agung dan Tanjung Barat.

Sedangkan kebaruan karena dua jalan layang itu berbentuk tapal kuda pertama di Indonesia.

Jalan layang Lenteng Agung memiliki panjang 430 meter di sisi barat dan 450 meter di sisi timur dengan lebar 6,5 meter. Sedangkan jalan layang Tanjung Barat sisi barat mencapai 540 meter dan sisi timur 590 meter.

Baca juga: JPO fly over tapal kuda ditarget rampung pada Maret 2021

Pembangunan jalan layang Lenteng Agung dan Tanjung Barat ini bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas, menghapus perlintasan sebidang kereta api, meminimalisir kecelakaan lalu lintas dengan kereta api dan mengamankan perjalanan kereta api.

Kedua jalan layang ini dirancang menarik dengan mengambil bentuk seperti tapal kuda yang saling membelakangi dengan total investasi mencapai Rp306,81 miliar.

"Hari ini adalah hari yang sangat bahagia karena kita semua, seluruh pemerintah kota dan kabupaten menghadiri pencanangan HUT Jakarta ke-494 tahun 2021 dengan tema Jakarta Bangkit Bersama," katanya.

Sementara itu, pencanangan HUT ke-494 Jakarta di Jakarta Selatan dipusatkan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Lenteng Agung dan dilaksanakan secara virtual dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari Balai Kota Jakarta.

Sedangkan kegiatan terbatas di RPTRA Lenteng Agung dihadiri Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan, Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah, serta sejumlah pejabat dan perwakilan instansi terkait di Jakarta Selatan.
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021