Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics Co akan memperbanyak produk di lini monitornya dengan beragam pilihan konektivitas yang ditingkatkan, karena Samsung mentargetkan akan meningkatkan penjualan di tengah tren di mana bekerja dari rumah, work form home, banyak dilakukan oleh masyarakat.

Salah satu Pengamat Industri dari TrendForce, mengatakan bahwa meski Samsung secara drastis mengurangi pasokan panel dari anak perusahaannya Samsung Display tahun ini, Samsung akan bertujuan untuk memperluas pangsa pasar monitornya sejak tahun lalu.

"Pengiriman monitor Samsung untuk 2021 diharapkan mengalami pertumbuhan 20 persen dari tahun ke tahun, tertinggi di antara 10 merek teratas," kata dia yang dikutip dari Kantor Beirta Yonhap, Senin.

Dalam hal ini, Samsung Smart Monitor yang terbaru hadir dengan dukungan sistem operasi Tizen, termasuk model M7 43 inci yang mendukung resolusi definisi ultra-tinggi. Diketahui bahwa Samsung sebelumnya sudah memperkenalkan M7 32 inci November lalu.

M7 43 inci, yang mendukung pengisian daya 65W melalui port USB Type-C dan solusi Bluetooth 4.2, akan dijual dengan harga 650.000 won (US $ 575) di Korea Selatan. Itu akan datang dengan remote control bertenaga surya.

Selain itu, Samsung monitor M5 edisi putih, yang pertama kali diluncurkan pada Mei di Korea Selatan, juga sudah tersedia secara global. M5 hadir dalam varian 32 inci dan 27 inci dengan resolusi full HD.

Dengan Smart Monitor-nya, Samsung mengatakan pengguna dapat melakukan streaming konten favorit mereka, seperti Netflix, YouTube, dan Amazon Prime Video, bahkan tanpa terhubung ke komputer pribadi atau perangkat seluler.

Untuk diketahui bahwa, monitor baru yang dihadirkan oleh Samsung ini juga dapat dikontrol suara oleh asisten virtual Amazon Alexa mulai Juli, selain Samsung Bixby dan Google Assistant.

Samsung mengatakan, monitor terbaru ini akan menawarkan opsi konektivitas yang ditingkatkan untuk PC dan smartphone karena mereka mendukung berbagai fitur, termasuk Apple AirPlay 2 dan Samsung DeX.

Samsung berharap jajaran Smart Monitor yang diperluas akan memperkuat kehadirannya di pasar monitor global yang diharapkan mencapai 150 juta unit tahun ini, naik 7,3 persen dari tahun sebelumnya, menurut peneliti industri TrendForce.


Baca juga: Samsung luncurkan monitor gaming Odyssey G9 dan G7

Baca juga: Fungsi pemantau jantung EKG akan hadir di Samsung Galaxy Watch Active2

Baca juga: Samsung luncurkan monitor Signage TV

Penerjemah: Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021