"Saat ini banjir mulai merendam jalan kawasan tempat tinggal kami di Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru"
Muara Teweh (ANTARA) - Sejumlah ruas jalan dan pemukiman  di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai terendam banjir akibat meluapnya aliran Sungai Barito setelah diguyur hujan lebat dalam beberapa hari terakhir.
 
"Saat ini banjir mulai merendam jalan kawasan tempat tinggal kami di Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru," kata seorang warga Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Igang, Kamis.

Banjir mulai menggenang kawasan ini sejak Rabu (19/5) sore dan hingga kini air terus naik secara perlahan. Saat ini warga mulai berkemas-kemas untuk mengangkut sejumlah barang rumah tangga ke tempat yang lebih aman dari banjir musiman ini.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara Rizali Hadi mengatakan banjir yang melanda daerah ini sampai Kamis sore masih naik, banjir melanda Kelurahan Jambu sudah menenggelamkan jalan, rumah dan fasilitas umum lainnya juga mulai terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi.

Kawasan yang parah dilanda banjir di kelurahan tersebut meliputi RT 02 A, RT 02 B, RT 03, RT 04, RT 05, RT 06 dan RT 09 dengan ketinggian banjir bervariasi antara 30 sentimeter sampai 100 Cm.
Baca juga: Ribuan hektare padi di Kotawaringin Timur gagal panen akibat banjir
Baca juga: Sampit dikepung banjir saat Lebaran hari pertama


"Tempat yang parang dilanda banjir berada RT 02 B dengan kedalaman sekitar 100 sentimeter di kawasan ini sebuah jembatan yang menghubungkan RT 02 A dan RT 02 B terendam banjir," kata Rizali.

Selain di wilayah Kecamatan Teweh Baru, banjir juga melanda wilayah Kelurahan Lahei I RT 3 dan RT 4 serta RT 1 Keluarahan Lahei II Kecamatan Lahei dengan ketinggian banjir bervariasi hingga hampir satu meter. Kedua kawasan itu berada di dataran rendah, sehingga cepat dilanda banjir.

Kawasan yang terendam banjir musiman ini selain merendam sejumlah desa di Kecamatan Lahei dan Teweh Baru juga merendam sejumlah kawasan yang berada pada pinggiran Sungai Barito juga di Kecamatan Teweh Tengah dan Montallat.Disamping itu sejumlah desa di Sungai Lahei (anak Sungai Barito) juga terendam banjir.

Banjir juga mulai merendam sejumlah kawasan di Kota Muara Teweh di antaranya sebagian Jalan Imam Bonjol, Jalan Dahlia, Gang Paraguay, Jalan Flores, Gang Nike Ardila, Gang Citra, sebagian Jalan Imam Bonjol dan Jalan Merak.

"Banjir mulai merendam jalan dan diperkirakan besok terus naik, karena sebagian wilayah di Kabupaten Murung Raya yang berada di hulu Sungai Barito juga mulai terendam banjir," kata warga Muara Teweh.
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca Kalbar dan Kalteng

Pewarta: Kasriadi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021