Jakarta (ANTARA) - Satu pemudik yang baru tiba di Terminal Kampung Rambutan positif COVID-19 setelah dilakukan tes usap (swab) antigen.

"Tadi dari 75 yang sudah dites itu ada satu orang positif berdasar hasil rapid antigen dan langsung dirujuk ke Wisma Atlet di Tower 4," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jony di lokasi, Selasa.

Made Jony melanjutkan penumpang tersebut nantinya dilakukan tes usap PCR untuk mengetahui apakah terjangkit COVID-19.

Made Jony mengatakan Terminal Kampung Rambutan telah kembali melayani penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) setelah sebelumnya dihentikan sementara karena larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Dia mengatakan setiap penumpang bus AKAP yang baru tiba di Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan akan dilakukan tes usap antigen atau GeNose untuk menghindari penyebaran COVID-19.

"Bus yang digunakan langsung disemprot menggunakan disinfektan oleh dari petugas damkar," ujar Made Jony.

Made Jony mengatakan sejauh ini para pemudik yang tiba di Terminal Kampung Rambutan mematuhi aturan untuk dilakukan tes usap antigen atau GeNose.

"Sampai saat ini masyarakat mau patuh terhadap aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah jadi mereka mau kita lakukan pengetesan rapid antigen," katanya.
Baca juga: Semua terminal bus AKAP di DKI Jakarta sudah beroperasi normal
Baca juga: Terminal Kampung Rambutan sepi saat larangan mudik

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021