semakin maksimal mencegah banjir kiriman dari hulu,
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan, Bobby Nasution langsung meninjau beberapa titik lokasi banjir kiriman akibat meluapnya Sungai Deli, di antaranya pintu kanal Medan Johor dan pemukiman warga di Medan Maimun, Medan yang terjadi Sabtu dini hari tadi.

"Sebenarnya (Jumat, 14/5) malam, hujan tidak terlalu deras. Tapi ada kiriman dari hulu, sehingga Sungai Deli meluap dan air masuk ke rumah-rumah warga. Tapi ini menjadi tanggung jawab Pemkot Medan," ungkap Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo ini langsung menginstruksikan aparatur kecamatan dan kelurahan yang terdampak banjir membantu warga sekitar yang mengungsi, karena air Sungai Deli menggenangi rumah mereka.

Baca juga: Ratusan rumah di Kampung Aur Medan sudah bersih dari banjir

Baca juga: Wali Kota Medan tinjau warga terdampak banjir saat Idul Fitri


Wali Kota Medan lantas memerintahkan untuk mendirikan dapur umum demi memastikan masyarakat yang mengungsi tersebut, tidak kekurangan makanan maupun minuman.

"Kita minta camat, lurah, dan kepling (kepala lingkungan) membantu warga. Jangan sampai ada warga yang tidak makan. Setelah banjir surut nanti, kita juga minta seluruh aparatur gerak cepat membersihkan lingkungan," tegasnya.

Wali Kota juga menegaskan pihaknya akan terus memperkuat kolaborasi antara Pemkot Medan dan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II guna menghambat kirim air dari hulu sungai, terutama di pintu-pintu kanal air.

Di sela-sela peninjauan lokasi banjir kali ini, wali kota menyempatkan diri memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok, dan makanan cepat saji kepada warga yang mengungsi.

"Dari awal, kita telah berkolaborasi dengan BWS. Ke depan kita akan terus perkuat, agar semakin maksimal mencegah banjir kiriman dari hulu," terang Bobby.

Baca juga: Bobby Nasution soroti kondisi Kota Medan masih rawan banjir

Baca juga: Tak meluap lagi, Sungai Deli penyebab banjir Kampung Aur sudah normal

 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021