Makassar (ANTARA) - Pelindo IV menjamin  layanan bongkar muat di semua pelabuhan kelolaan pada masa libur lebaran tetap berjalan normal.

"Selama masa libur Hari Raya Idulfitri 1442 H, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menjamin pelayanan operasional utamanya bongkar muat barang di semua pelabuhan kelolaan tetap berjalan dengan normal," kata Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan sebagai bagian dari mata rantai logistik, pihaknya memastikan arus keluar masuk barang di semua pelabuhan yang dikelola tidak akan terganggu selama libur Lebaran tahun ini.

Karena itu, lanjut dia, semuanya sudah diantisipasi, sehingga kegiatan operasional di lapangan tidak akan terpengaruh pada masa libur lebaran, karena operasional di hampir semua pelabuhan yang dikelola Pelindo IV sudah memadukan aktivitas tenaga manusia dengan perangkat digital.

Dia menjelaskan, peningkatan transformasi digital yang dilakukan Pelindo IV selama era normal baru telah menghadirkan sistem aplikasi berbasis Information Technology, VessP4 PLUS, yang tentunya juga memudahkan bagi pengguna jasa.

VessP4 ini digunakan untuk mengelola kegiatan pelayanan kapal di lingkungan Perseroan. Sedangkan PLUS adalah sebuah sistem aplikasi yang dibuat untuk mengelola kegiatan pelayanan bongkar muat dan aneka usaha di lingkungan Pelindo IV.

Sistem aplikasi ini terintegrasi yaitu InaPortnet, VessP4, IBS Pelindo IV dan SAP. Sementara PLUS integrasinya dengan VessP4 dan IBS Pelindo IV.

Sejauh ini, lanjut Toto, cabang di wilayah Kalimantan yang sudah menggunakan aplikasi VessP4 yaitu Cabang Samarinda, Tanjung Redeb, Bontang, Strategic Business Unit (SBU) Marine Unit Bontang, SBU Marine Unit Sangkulirang dan SBU Marine Unit Grogot.

Di wilayah Sulawesi yakni Cabang Manado, Kendari, Pantoloan, Gorontalo dan SBU Marine Unit Luwuk. Sedangkan di wilayah Maluku, yaitu Cabang Ternate dan di wilayah Papua, yakni Cabang Jayapura dan Biak.

Sedangkan cabang yang telah menggunakan PLUS, yaitu Cabang Pantoloan, Gorontalo dan Cabang Biak..

Dalam sistem aplikasi VessP4 terdapat beberapa fitur di antaranya real time, di mana pencatatan realisasi pelayanan kapal dilakukan secara real time. Juga online user registration, yaitu pengguna VessP4 dapat melakukan registrarsi di mana saja secara online. Juga digital document, yaitu digitalisasi dokumen pelayanan dan terarsip secara elektronik.

VessP4 juga telah dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk petugas pandu, sehingga realisasi pelayanan kapal langsung terkirim ke pengguna jasa sesaat setelah kegiatan pelayanan selesai dilaksanakan.

Aplikasi ini juga anytime dan anywhere. Artinya, permohonan pelayanan kapal dapat dilakukan kapanpun dan di manapun.
Suasana aktivitas pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV di Makassar, Jumat (14/5/2021). ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021