Polda Kalsel mencanangkan zona integritas 15 satker

Polda Kalsel mencanangkan zona integritas 15 satker

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto saat memimpin pencanangan pembangunan zona integritas 15 satker. ANTARA/Firman.

Banjarmasin (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mencanangkan pembangunan zona integritas untuk 15 satuan kerja (satker), sekaligus dalam upaya menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

"15 satker di Polda Kalsel hari ini memberanikan diri membangun zona integritas, saya apresiasi atas komitmennya melakukan perubahan pelayanan lebih baik," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, di Banjarmasin, Senin.

Adapun 15 satker tersebut, yaitu Itwasda, Biro Ops, Biro Logistik, Dit Binmas, Dit Reskrimum, Sat Brimob, SPN, Bid Dokkes, Rumah Sakit Bhayangkara, Bid Humas, Bid TI, Bid Kum, Bid Keu, Yanma, dan Spripim.

Rikwanto menegaskan satker yang membangun zona integritas harus mempersiapkan diri mengikuti penilaian dari tim internal Mabes Polri.

Jika hasil evaluasi dan monitoringnya bagus, maka selanjutnya diajukan untuk penilaian dari tim eksternal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Saya berharap tahun ini bisa meraih WBK dari Kemenpan-RB. Untuk itu, dipersiapkan benar-benar agar memenuhi segala aturan dan standar yang disyaratkan baik tim penilai 
internal maupun eksternal," katanya pula.
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto saat memimpin pencanangan pembangunan zona integritas 15 satker. (ANTARA/Firman)


Menurut Rikwanto, zona integritas bukan hanya soal sarana prasarana penunjang pelayanan, namun lebih ditekankan kepada perubahan perilaku anggota dalam memberikan pelayanan prima untuk masyarakat.

"Tentunya hal ini sejalan dengan semangat Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan) Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Bagaimana masyarakat merasa nyaman alias terlayani dengan baik ketika berurusan dengan polisi," katanya pula.

Saat ini di Polda Kalsel hanya ada dua satker yang telah meraih WBK atau WBBM dari Kemenpan-RB, yaitu Direktorat Lalu Lintas untuk WBK dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus mendapatkan WBBM.

Baca juga: Dirlantas: Semua orang kini bisa mengawasi kinerja Polantas

.
Pewarta : Firman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021