masyarakat bisa membeli berbagai macam produk lokal untuk dijadikan bingkisan bagi sanak saudara di kampung halaman, tanpa dipungut ongkos kirim
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak masyarakat berbelanja bingkisan Idul Fitri yang berisikan produk-produk ekonomi kreatif lokal di bazar bertajuk #GakMudikDibikinAsik di Trans Mall Cibubur, Jakarta, yang berlangsung pada 6-19 Mei 2021.

"Program ini diharapkan bisa tepat sasaran, dapat dirasakan masyaraka dan bisa membangkitkan sektor ekonomi kreatif di Tanah Air," kata Sandiaga, dalam keterangannya, di Jakarta, Senin.

Saat mengunjungi acara yang dilaksanakan Kemenparekraf bekerja sama dengan Trans Group dan PT Pos Indonesia ini, Sandiaga mengatakan #GakMudikDibikinAsik merupakan ajang membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dalam acara ini, masyarakat bisa membeli berbagai macam produk lokal untuk dijadikan bingkisan bagi sanak saudara di kampung halaman, tanpa dipungut ongkos kirim.

"Program ini dihadirkan secara offline didukung oleh PT Pos Indonesia. Untuk online-nya, kita bekerja sama dengan platform e-commerce yang merupakan bagian dari program Bangga Buatan Indonesia yang ongkos kirimnya disubsidi oleh penyelenggara e-commerce," ujar Sandiaga.
Baca juga: Sandiaga ajak masyarakat belanja brand lokal
Baca juga: Menparekraf sebut 5 langkah agar UMKM berkembang di sektor pariwisata


Acara ini juga menjadi salah satu upaya dari Kemenparekraf untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat tidak mudik demi menekan penyebaran COVID-19.

Mengirimkan bingkisan lebaran berisikan produk lokal ini bisa menjadi salah satu cara dalam menyambung silaturahmi, menggantikan kehadiran kita di kampung halaman.

Sekaligus menghibur masyarakat yang datang ke bazaar lewat berbagai sajian yang dihadirkan, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan. Pengaturan pengunjung (visitor management) diberlakukan secara ketat, dimonitor secara langsung pada layar televisi di seputar acara.

"Acara #GakMudikDibikinAsik ini juga untuk mendukung langkah pemerintah agar masyarakat tidak mudik," katanya.

Sandiaga mengajak masyarakat untuk mensukseskan acara #GakMudikDibikinAsik ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Mari sama-sama menjaga laju pemulihan ekonomi, dengan tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Deputi bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, menambahkan acara ini diharapkan dapat memperkuat pelaku ekonomi kreatif Indonesia sebagai salah satu tiang penopang perekonomian Tanah Air.

"Kami berharap pelaku ekonomi kreatif betul-betul bisa menjadi penopang agar perekonomian bangsa bisa maju," ucap Nia.

Sandiaga juga menyempatkan diri tampil pada acara NGANTRI (Ngobrol Bareng Mas Menteri) secara live di akun Instagram dan Youtube Pesona Indonesia, dipandu host Tyna Kanna Mirdad. Sambil berkeliling dan berbelanja sejumlah produk kreatif, Sandiaga menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan Tyna.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti dan Direktur CT Corp, Chairal Tanjung.
Baca juga: Menparekraf targetkan kontribusi pariwisata dan ekraf tembus 12 persen
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021