Jakarta (ANTARA) - Chelsea menunda pesta juara Manchester City setelah mengalahkan pemuncak klasemen Liga Inggris itu dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-35 di Stadion Etihad, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Sempat tertinggal akibat gol Raheem Sterling, Chelsea bangkit membalas melalui Hakim Ziyech sebelum Marcos Alonso mencetak gol dramatis mengunci kemenangan pada injury time, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kekalahan itu membuat City gagal menambah raihan 80 poin yang mereka miliki, kendati masih berada di posisi terdepan dalam perburuan juara dengan keunggulan 13 poin atas Manchester United.

Jarak itu bisa dipangkas oleh MU yang baru main pada Minggu malam ini di markas Aston Villa, serta memiliki satu laga simpanan lain kontra Liverpool yang tertunda.

Namun, apabila besok MU --yang belum terkalahkan dalam laga tandang musim ini-- kalah melawan Villa, maka gelar juara resmi menjadi milik City.

Sebaliknya, bagi Chelsea hasil itu membuat mereka naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 64 poin, menggusur Leicester City (63) yang kemarin kalah.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Manchester City vs Chelsea jadi sorotan utama

Pertandingan yang bagi sebagian penikmat sepak bola laiknya cuplikan laga final Liga Champions itu berlangsung seru sejak sepak mula di mana City lebih banyak mengendalikan bola.

Pada menit ke-17, City melancarkan sebuah serangan balik cepat yang diakhiri tembakan Rodri Hernandez, tetapi Cesar Azpilicueta pasang badan di muka gawang untuk menghadang bola.

Pada menit ke-32, Chelsea balik mengancam dan Timo Werner berhasil menaklukkan kiper Ederson Moraes, tetapi di tepi lapangan hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside sehingga gol itu dianulir.

Tiga menit berselang Reece James melakukan blunder di area pertahanan Chelsea, ketika umpannya dipotong oleh Rodri dan bola dikirimkan ke arah Sterling, sayang penyelesaian penyerang tim nasional Inggris itu masih bisa diamankan kiper Edouard Mendy.

Baca juga: Guardiola: Man City vs Chelsea besok bukan cuplikan final Champions

Chelsea balas menyerang lagi pada menit ke-43 saat umpan terobosan James berusaha diselesaikan Ziyech, tetapi tembakannya masih bisa dihadang oleh Ederson.

Semenit berselang, City akhirnya mampu membuka keunggulan lewat gol Sterling. Berawal dari kegagalan Andreas Christensen menyapu bola dari pertahanan Chelsea, Gabriel Jesus mengirimkannya ke arah Sergio Aguero. Aguero gagal mengendalikan bola, tetapi Sterling berada di posisi yang tepat untuk melesakkannya ke dalam gawang tim tamu.

Pada menit kedua injury time babak pertama, City mendapat hadiah tendangan penalti setelah Jesus dijatuhkan oleh Billy Gilmour di dalam area terlarang.

Aguero yang menjadi algojo berusaha melepaskan tendangan penalti ala Panenka, tetapi Mendy bisa membacanya dan mengamankan bola demi memaksa Chelsea tidak tertinggal lebih dari 0-1 saat turun minum.

Baca juga: Belum hadapi City, Tuchel sudah bicarakan keuntungan lawannya

Selanjutnya babak kedua ...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021