Tidak banyak kendaraan yang diputar balik menuju ke Jakarta. Kemacetan justru terjadi di jalur arah keluar Tol Cikarang Barat.
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Arus kendaraan di titik penyekatan larangan mudik Jalan Tol Ruas Jakarta-Cikampek Kilometer 31 arah Cikampek terpantau lancar pada Jumat.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan arus kendaraan untuk hari ini tidak sepadat seperti yang terjadi pada hari kemarin.

"Kemacetan terjadi juga tidak sampai satu kilometer," kata Heru di Cikarang, Jumat.

Heru menyebut kepadatan arus lalu lintas di area titik sekat itu pada hari pertama sempat mencapai delapan kilometer.

"Ya tentu penyekatan pasti berdampak pada kemacetan karena terhambat arus kendaraanya dengan adanya pemeriksaan petugas. Tapi untuk hari ini lancar," katanya.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kepolisian terkait pengaturan skema lalu lintas dan proses penyekatan.

"Diharapkan tidak sampai macet seperti kemarin. Arus kendaraan masih tinggi karena masih banyak mobilitas masyarakat yang bekerja di Cikarang maupun Karawang," katanya.

Pantauan di lokasi sejumlah petugas kepolisian dan dinas perhubungan juga masih terus melakukan penjagaan serta pemeriksaan kendaraan yang melintasi titik penyekatan tersebut.

Tidak banyak kendaraan yang diputar balik menuju ke Jakarta. Kemacetan justru terjadi di jalur arah keluar Tol Cikarang Barat.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan personel Polres dibantu Polda Metro Jaya akan terus bersiaga melakukan penjagaan untuk menghalau pemudik.

Dia meminta masyarakat tidak nekat mudik karena dipastikan tidak akan bisa lolos sampai ke tempat tujuan.

"Ditegaskan tidak akan bisa lolos, karena khan berlapis ya di tiap daerah ada posko penyekatan," katanya.
Baca juga: Hari pertama larangan mudik, 648 mobil diputar balik di Tol Cikampek
Baca juga: Ketatnya jalur mudik
Baca juga: Ratusan buruh protes tol Jakarta-Cikampek disekat



.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021