Wonogiri (ANTARA) - Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan kunjungan kerja memantau kesiapan Operasi Ketupat Candi 2021 di Pospam Terpadu Nambangan, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat.

Kapolda yang didampingi Kapolres Wonogiri AKBP. Christian Tobing, Komandan Kodim 0728 Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, dan sejumlah unsur Polri, TNI, Dinkes, Dishub, Satpol PP, serta Senkom melakukan pengecekan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2021, oleh jajaran Polres Wonogiri.

Baca juga: 14 titik perbatasan Jateng akan disekat untuk cegah pemudik

Menurut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi pihaknya mengunjungi Pospam Terpadu Jembatan Timbang Nambangan, Selogiri, untuk melihat pelaksanaan dan kesiapan anggota di lapangan, dalam melaksanakan kegiatan Operasi Ketupat Candi 2021.

Selain itu, Kapolda Jateng juga menekankan terhadap pencegahan penularan COVID-19 di Kabupaten Wonogiri. Karena Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah tujuan perantau, tidak memungkinkan akan dilakukan tracing (penelusuran), tracking (pelacakan) terhadap pemudik di pos penyekatan ataupun terminal.

Menurut Kapolda Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu tujuan dari para perantau. Oleh karena itu, harus dimaksimalkan kinerja pos Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro di desa-desa dengan melakukan pendataan terhadap pemudik yang datang di tingkat desa hingga rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Baca juga: Langgar PPKM, pengunjung tempat hiburan di Semarang diangkut petugas

Kapolda menambahkan harus dilakukan protokol kesehatan (prokes), apabila ditemukan adanya warga masyarakat yang positif COVID-19, agar dilakukan isolasi mandiri. Petugas Babhinkamtibmas harus mempunyai data warga masyarakat yang pulang kampung.

"Peran aktif Babhinkamtibmas sangat penting dan harus memiliki data warga yang akan pulang kampung dan datang ke wilayahnya, untuk dilakukan tracking, tentunya ada peran aktif dari RT dan RW untuk memantau warganya yang melakukan mudik dan masuk ke wilayahnya," kata Kapolda.

Setelah selesai pengecekan di Pospam Terpadu Nambangan, Kapolda melanjutkan pengecekan di Terminal Giri Adipura Wonogiri. Kapolda menjelaskan selama kegiatan di daerah Wonogiri berjalan lancar kondusif dan tetap menerapkan Prokes.  

Baca juga: Kepala Polda Jateng: Masyarakat abaikan prokes di tempat istirahat

Baca juga: Polda Jateng larang ormas melakukan kegiatan kepolisian saat Ramadhan

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021