Turnamen Mobile Legends Ladies Series 2021 bergulir akhir Mei

Turnamen Mobile Legends Ladies Series 2021 bergulir akhir Mei

UniPin menggelar turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan, Ladies Series MLBB 2021, resmi diluncurkan Kamis, dengan rangkaian turnamen akan diselenggarakan selama satu bulan mulai 20 Mei hingga 27 Juni 2021. (HO/UniPin)

Jakarta (ANTARA) - Turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan, Ladies Series MLBB 2021, resmi diluncurkan Kamis, dengan rangkaian turnamen akan diselenggarakan selama satu bulan mulai 20 Mei hingga 27 Juni 2021.

Senior Vice President UniPin Community Indonesia, Debora Imanuella, sebagai penyelenggara turnamen melihat bahwa saat ini waktu yang tepat bagi para perempuan untuk bersinar di industri esports.

"Karena sebelumnya merupakan satu gender yang katanya banyak stigma kurang mengenakan, karena kalau kita bicara esports itu esports itu didominasi oleh pria, but now is the time," ujar Debora dalam konferensi pers virtual.

Mengutip laporan dari Newzoo, Debora menjelaskan bahwa fans game perempuan mencapai angka 46 persen. Penonton esport perempuan juga tercatat telah mencapai 30 persen dan diprediksi akan bertumbuh setiap tahunnya.

"Dari sisi gaming antusias itu perempuan megambil porsi hampir 50 persen, di situ ada sebuah kesempatan juga untuk kami mengembangkan ladies scene itu sendiri," kata Debora.

Keseriusan Ladies Series MLBB 2021 juga dibuktikan dengan sokongan dari berbagai pihak, termasuk Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Head of PR & Communication PB ESI, Ashadi Ang, menyebutkan kehadiran Ladies Series MLBB 2021 sebagai perwujudan komitmen dalam mendorong ekosistem esports Indonesia yang lebih aktif dan atraktif.

"Target dari PB ESI kita tidak melihat adanya perbedaan gender di dalam esport ini. Menginisiasi sebuah turnamen ladies esports ini merupakan perhatian sebuah langkah yang baik untuk ladies di Indonesia," kata Ashadi.

Ashadi menambhakn Turnamen profesional adalah sinyal bahwa ekosistem esports Indonesia sangat terbuka dan mendukung pertumbuhan gamer perempuan.

"TIdak hanya sebagai partisipan ataupun fan. Melainkan mendorong mereka untuk aktif sebagai pelaku kompetisi, pemain serta atlet yang dapat menjadi bibit-bibit talenta esports masa depan," Ashadi menambahkan.

Selain itu, Moonton sebagai pengembang dan penerbit dari permainan Mobile Legends: Bang Bang hadir untuk menunjukkan dukungan penuh secara langsung untuk Ladies Series MLBB 2021.

Head of PR Esports Moonton Indonesia, Azwin Nugraha, mengatakan akan terus mendukung pertumbuhan ladies scene di Indonesia dengan berbagai cara, salah satunya adalah melakukan kampanye-kampanye bersama penyelenggara, dalam hal ini pihak ketiga dan turut menggaungkan kompetisi yang diselenggarakan

"Ke depannya kami akan terus berkolaborasi dan juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tertentu yang memang mereka itu support untuk ladies scene di Indon khususnya MObile Legends," Azwin.

Ladies Series MLBB 2021 akan diselenggarakan dengan sistem open qualifier dengan total prizepool Rp100 juta. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 7-18 Mei 2021. Babak kualifikasi akan terbuka bagi pemain profesional maupun amatir pada 20-22 Mei 2021.

Selanjutnya diikuti dengan babak regular season yang berjalan selama 3 minggu mulai 27 Mei sampai 13 Juni 2021. Kedua babak tersebut akan diselenggarakan secara daring. Sementara, babak playoff pada 25-27 Juni 2021 akan diadakan secara offline.

Turnamen Ladies Series MLBB 2021 selanjutnya dapat disaksikan secara daring melalui kanal Youtube UniPin Gaming.

Baca juga: Mobile Legends All Star Tournament umumkan pemain
Baca juga: IPB puncaki turnamen Mobile Legends antar kampus SWC
Baca juga: Mobile Legends Southeast Asia Cup 2021 digelar Juni
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021