stiker tersebut memiliki kode bar yang bisa dipindai menggunakan kamera ponsel petugas untuk mengecek keasliannya
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan bus yang boleh beroperasi di Terminal Kalideres selama pelarangan mudik lebaran tanggal 6-17 Mei 2021 akan mempunyai stiker unik.

Sebagai informasi, bus yang boleh beroperasi mulai besok hanya bus yang memiliki stiker khusus dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Stiker khusus mudik jadi ladang bisnis? Ini faktanya

Revi mengatakan di Kalideres, Rabu, stiker tersebut memiliki kode bar yang bisa dipindai menggunakan kamera ponsel petugas untuk mengecek keasliannya.

"Kalau dibuka nanti akan keluar datanya, data kendaraan, data perusahaan, dan juga tujuannya. Jadi bisa dipastikan kalau stiker dengan kode bar tersebut tidak dapat dipalsukan," kata Revi.

Dengan stiker tersebut, Revi mengatakan tidak semua perusahaan otobus (PO) bisa memberikan pelayanan kepada penumpang saat pelarangan mudik berlaku.

Baca juga: Organda: Bus Berstiker langkah solutif di tengah larangan mudik

Hanya bus yang memiliki stiker yang boleh beroperasi di area Terminal Bus Kalideres mulai Kamis (6/5) besok.

"Untuk jumlahnya, saya kurang pasti ya. Tapi ada sebagian PO Bus yang memperbantukan 20 persen dari jumlah armada yang tersedia (di Terminal Bus Kalideres) untuk layanan tersebut," kata Revi.

Baca juga: Penumpang di Terminal Kalideres harus penuhi empat kriteria

Menurut Revi, saat ini tercatat lebih kurang 137 perusahaan otobus melayani perjalanan ke Jawa dan Sumatera dari Terminal Bus Kalideres.

"Tapi dengan adanya pelarangan mudik, mungkin hanya 30 persen saja yang beroperasi. Karena memang penumpangnya sangat terbatas," kata Revi menandaskan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021