para pelaku UKM harus terus meningkatkan pengetahuannya mengenai informasi pasar tujuan ekspor serta regulasi yang berlaku di negara tersebut dari berbagai sumber yang kini semakin mudah diakses
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan mengoptimalkan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) guna mendorong kinerja ekspor nasional.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menggelar kegiatan Promosi Ekspor Melalui Platform Digital Indonesia secara daring dan luring yang berlangsung di Depok, Jawa Barat.

"Promosi ekspor melalui platform digital perlu dioptimalkan untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk UKM Indonesia di pasar global, khususnya di tengah pandemi COVID-19,” kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Marolop Nainggolan lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan Kemendag telah menjajaki peluang itu dengan beberapa lokapasar Indonesia, salah satunya dengan Goorita.com yang dinilai sudah cukup siap untuk membantu produk UKM Indonesia untuk Go International.

Pada kegiatan tersebut, Kemendag berkolaborasi dengan salah satu platform digital Indonesia Goorita.com yang telah terintegrasi langsung dengan sistem lokapasar internasional seperti Amazon, eBay, dan Etsy. Kegiatan ini juga didukung GoPlay sebagai platform live streaming Gojek Indonesia.

Acara ini menghadirkan 10 pelaku UKM terpilih yang berkesempatan memperkenalkan produk- produknya kepada para peserta yang terdiri atas perwakilan perdagangan serta diaspora Indonesia dari 10 negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Tiongkok, Taiwan, dan Hongkong.

Para pelaku UKM tersebut juga mengirimkan produk sampel kepada para peserta. Di acara itu juga terjadi pembelian langsung produk-produk UKM oleh diaspora.

Marolop menjelaskan untuk produk makanan, ekspor melalui internasional mail dapat dimasukkan ke dalam kategori makanan buatan rumah (home made food). Namun, produk ini harus diproduksi oleh UKM dan dikirimkan langsung ke pembeli dalam jumlah kecil (personal use).

Dengan cara ini, beberapa aturan dikecualikan sehingga dapat dilakukan UKM untuk memperkuat penjenamaan (branding) sekaligus merupakan upaya intelejensi pasar untuk mengetahui preferensi pembeli di negara tujuan.

Namun, untuk memasuki pasar negara tujuan produk UKM, lanjut Marolop, Indonesia harus memenuhi regulasi pasar. Untuk itu, Kemendag tetap melakukan edukasi terkait peraturan yang berlaku di negara tujuan. Sehingga promosi bisnis ke konsumen (business to consumer/B2C) ini dapat meningkat ke skala bisnis ke bisnis setelah syarat-syarat dipenuhi.

“Untuk produk makanan dan minuman misalnya, kebanyakan negara tujuan ekspor mensyaratkan informasi nilai nutrisi (nutrition facts) pada kemasan, bahkan mengharuskan informasi ini dalam bahasa negara tersebut,” terang Marolop.

Marolop berharap pelaku UKM Indonesia memiliki keinginan yang kuat untuk dapat menembus pasar ekspor.

“Untuk itu, para pelaku UKM harus terus meningkatkan pengetahuannya mengenai informasi pasar tujuan ekspor serta regulasi yang berlaku di negara tersebut dari berbagai sumber yang kini semakin mudah diakses,” imbuh Marolop.

Diaspora Indonesia yang tersebar di banyak negara juga menjadi peluang untuk memperluas pasar produk Indonesia dengan memanfaatkan platform digital.

"Diaspora Indonesia merupakan duta besar dalam promosi produk dan jasa Indonesia di luar negeri. Peran kuat diaspora akan sangat membantu peningkatan ekspor sekaligus pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkas Marolop.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari promosi UKM yang sebelumnya dilakukan pada 27 April 2021 di Kantor GK Hebat, Jakarta sebuah enabler UKM yang dimotori oleh Kaesang Pangarep. Selanjutnya, pada 4 Mei 2021 juga dilakukan kegiatan bertajuk “Jelajah Rak Sebelah” untuk semakin mengenal produk lokal UKM Indonesia lebih jauh lagi. Kegiatan tersebut disiarkan langsung pada platform GoPlay Indonesia.

Baca juga: Kemendag bantu sertifikasi halal untuk UKM ekspor
Baca juga: Menkeu paparkan alasan sulitnya UKM menembus pasar global
Baca juga: RI-Kanada kerjasama berdayakan perempuan pelaku UKM masuk pasar ekspor


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021