ke depan menjadi satu sentra ekonomi perikanan
Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono akan mengembangkan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo, Jawa Timur menjadi sentra ekonomi perikanan.

"Saya berencana menjadikan PPP Mayangan sebagai model sentra ekonomi dari sektor perikanan," katanya saat memberikan sambutan dalam kunjungannya di PPP Mayangan Kota Probolinggo, Minggu.

Dalam kunjungan tersebut, Wahyu melihat fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo.

"Itu adalah pelabuhan perikanan yang dikelola oleh pemerintah provinsi. Saya ingin (pelabuhan) itu menjadi model, ke depan menjadi satu sentra ekonomi perikanan," tuturnya.

Saat ditanya anggaran pembangunan PPP Mayangan, pihaknya mengaku saat ini masih menunggu desain yang akan diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Menteri KP dorong transformasi pelabuhan perikanan lebih higienis dan modern
Baca juga: KKP sebar luaskan penerapan teknologi AIS di kapal ikan


Sementara Plt Dirjen Perikanan Tangkap M. Zaini yang turut serta dalam kunjungan itu mengatakan, pembangunan pelabuhan perikanan itu bersumber dari APBN dan pihaknya akan koordinasi dengan pemangku kepentingan lain untuk pengembangan ke depan. "Desainnya belum kami terima untuk pengembangan yang baru," terangnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan pinjaman modal kerja kepada Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) untuk enam pelaku usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan, usaha produksi garam, serta usaha budi daya ikan.

Sementara Plt Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dispertahankan) Yoyok Imam mengatakan pihaknya mengapresiasi perhatian pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap pengembangan sektor perikanan di daerah.

"Alhamdulillah, selama ini Kementerian KP sudah banyak memberikan fasilitasi termasuk di akhir tahun 2020 kemarin juga dapat bantuan untuk pedagang pasar ikan, pelaku usaha perikanan, berupa peralatan-peralatan dan sarana prasarana yang dibutuhkan," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, Pemkot Probolinggo akan membuat program pembangunan sektor perikanan yang lebih baik lagi dan mudah mudahan bisa ditindaklanjuti dengan program–program lain yang lebih bermanfaat  bagi masyarakat, nelayan, dan pelaku usaha perikanan yang ada di Kota Probolinggo.

Baca juga: Menteri KKP: Tanjung Adikarto cocok menjadi pusat ekonomi perikanan
Baca juga: KKP: Peran syahbandar di pelabuhan perikanan diperkuat


 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021