Kotabaru (ANTARA News) - Banjir bandang yang terjadi di Satui, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Sabtu dini hari, menewaskan dua orang warga Sungai Danau Jufri (75) dan Galuh (35).

"Kedua orang korban itu terseret banjir yang arusnya cukup deras," kata Kabag Humas Setda Tanah Bumbu, Ardiansyah SSos, Sabtu pagi.

Sementara itu, banjir yang terjadi akibat hujan deras yang terjadi hampir setiap hari dalam sepekan itu merendam delapan desa di kecamatan Satui.

Ia mengatakan, berdasarkan data sementara jumlah korban banjir 3.198 kepala keluarga.

Sebagian korban telah dievakuasi sejak tadi malam hingga saat ini oleh Dinas Sosial yang dibantu oleh lembaga organisasi kemasyarakatan dan warga yang lain.

Untuk membantu korban yang rumahnya tenggelam, Pemkab Tanah Bumbu mendirikan posko dan dapur umum.

"Petugas posko dan dapur umum tersebut berasal dari Kodim, Polres dan Pemda, organisasi kepemudaan dan lembaga swadaya masyarakat," kata Ardiansyah.

Semua keperluan logistik korban banjir disiapkan Pemkab Tanah Bumbu.

Dinas Sosial dibantu petugas yang lain mulai mendistribusikan terpal, tenda dan barang sembilan bahan pokok kepada para korban.

Sementara ketinggiaan air di ruas jalan propinsi di Sungai Danau yang sebelumnya sekitar satu meter kini mulai surut sekitar 30 centi meter.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010