Dignity of Srikandi catat 400.000 penonton, Belletron Era juara

Dignity of Srikandi catat 400.000 penonton, Belletron Era juara

Belletron Era keluar sebagai juara turnamen esport Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021. ANTARA/HO-Dyandra Promosindo/am.

Jakarta (ANTARA) - Pertandingan esport perempuan Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021 yang menghadapkan MLBB (Mobile Legends: Bang Bang) Ladies, mencatatkan 400.000 penonton dengan Belletron Era keluar sebagai juara.

Turnamen yang digelar oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) bersama Dyandra Promosindo itu mengundang empat tim esport perempuan, yaitu Belletron Era, Evos Lynx, Morph Akasha, Luna Nera Esport.

"Dari sisi penonton, tercatat lebih dari 400.000 yang menonton turnamen ini secara live. Untuk itu, Dignity of Srikandi diagendakan untuk hadir kembali di semester kedua tahun 2021 ini," kata Ketua Umum ASENSI Susanty Widjaya dalam keterangan tertulis, Jumat.

Hadirnya pertandingan tersebut diharapkan "turut memperkaya pertandingan esport yang ada di Tanah Air khususnya untuk wanita (esport ladies) sebagai langkah positif membangun kesetaraan gender sebagai arahan presiden Joko Widodo dan menggali banyak talenta perempuan untuk bergabung dalam ekosistem esport ladies tanah air," kata Susanty.

Kehadiran gelaran ini juga sebagai bagian kolaborasi dan sinergi dalam upaya memajukan industri esport Indonesia, dan menggali potensi team esport lainnya bermunculan sehingga dapat berlaga dalam kancah nasional dan internasional.

Baca juga: PUBG Continental Series 4 bergulir mulai 5 Mei

"Melalui pertandingan ini kami melihat potensi besar dan kemampuan luar biasa dari para srikandi gamer di mana strategi, fokus dan ketahanan benar-benar terjaga dan sekaligus menjadi bukti bahwa pemain wanita tidak kalah dengan pemain pria dalam pertandingan olahraga berbasis game ini," kata Project Manager Dyandra Promosindo untuk Dignity of Srikandi Alif Noor Hatta.

Digelar dua hari pada 27-28 April 2021 secara offline dan online atau hibrida, turnamen tersebut menggunakan sistem double elimination di mana akan ada winner bracket dan loser bracket dalam turnamen. Format pertandingan menggunakan best of three dari babak awal hingga semifinal. Kemudian, final menggunakan format best of five.

Pada pertandingan pertama dibuka oleh Evos Lynx melawan Luna Nera Esports yang dimenangkan oleh tim Evos Lynx. Dilanjutkan dengan pertandingan Belletron Era melawan Morph Akasha yang dimenangkan oleh team Belletron Era.

Sementara itu, team Luna Nera Esport harus gugur lebih dulu setelah melawan Evos Lynx dengan skor 0-2 dan Morph Akasha dengan skor 0-2. Selanjutnya, tiga tim lainnya, yaitu Belletron Era, Evos Lynx dan Morph melaju ke babak berikutnya.

Hingga akhirnya tim Belletron Era yang digawangi Vivi Vivian dan team Evos Lynx yang digawangi Winda Earl bertemu dalam Grand final Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021.

Pada babak terakhir, Belletron Era lebih unggul dengan skor 3-1 dari team Evos lynx. Sebelumnya, pada upper bracket Belletron sempat takluk di tangan Evos Lynx dengan skor 1-2, hingga akhirnya Belletron Era dinyatakan juara 1 pada pertandingan Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021.

Baca juga: GoPay gaet Telkomsel dan PUBG hadirkan pengalaman game lebih seru
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021