Perkembangan nanotechnology yang dimiliki oleh Republik Ceko dinilai sangatlah menarik.
Banda Aceh (ANTARA) - Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Doleček mengatakan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko akan berkunjung ke Indonesia di awal bulan Juni 2021, termasuk mengunjungi Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

"Kunjungan kami di sini juga bagian dari persiapan untuk kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Ceko nantinya ke USK,” katanya di USK, Darussalam, Banda Aceh, Kamis (29/4).

Ia menjelaskan kunjungan menteri beserta delegasi dari negara yang terdiri atas para pengusaha dan rektor dari beberapa universitas, termasuk di dalamnya Rektor Ostrava University yang telah menandatangani MoU dengan USK.

"Dengan adanya kunjungan tersebut, akan makin memperkuat kerja sama antarberbagai pihak, termasuk dengan USK," katanya.

Baca juga: Rektor UM: USK miliki peneliti bereputasi global

Rektor USK Prof. Samsul Rizal yang menerima kunjungan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia mengatakan bahwa pihaknya merasa sangat terhormat atas kunjungan delegasi Dubes Republik Ceko ke kampus USK.

Kunjungan bertujuan melanjutkan hubungan kerja sama dan menjajaki beberapa peluang kerja sama lain, antara USK dan berbagai perguruan tinggi di Ceko.

"Kami ingin melanjutkan kerja sama antaruniversitas, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan," kata Rektor.

Menurut Rektor, perkembangan nanotechnology yang dimiliki oleh Republik Ceko sangatlah menarik.

Saat ini USK telah memiliki program kerja sama dengan University Malaya untuk pengembangan natural nanofiber.

Baca juga: BPPT dukung Universitas Syiah Kuala perkuat transformasi digital

Rektor berharap USK bisa melakukan kolaborasi riset dengan beberbagai perguruan tinggi di Ceko untuk pengembangan teknologi tersebut.

Sebagai bentuk jalinan kerja sama tersebut, pihaknya berinisiatif memperkenalkan kebudayaan Ceko di lingkungan USK dengan mendirikan Czech Corner di perpustakan kampus setempat.

Pewarta: M. Ifdhal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021