lima peluang kerja sama: bidang infrastruktur dan energi, pariwisata, agroindustri, pendidikan, dan kawasan ekonomi khusus.
Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan kunjungan Duta Besar (Dubes) Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek dalam upaya membahas kerja sama di sejumlah sektor.

"Kunjungan Dubes Jaroslav ke Aceh untuk membahas sejumlah peluang kerja sama antara Pemerintah Provinsi Aceh dan Ceko," kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis (29/4).

Gubernur mengemukakan hal itu di sela-sela menerima kunjungan Dubes Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek yang turut didampingi Jakub Cerny dan Jana Horcickova.

Ia menyebutkan ada lima peluang kerja sama yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam itu, yakni bidang infrastruktur dan energi, pariwisata, agroindustri, pendidikan, dan kawasan ekonomi khusus.

Nova Iriansyah berharap Ceko dapat melakukan investasi di sektor-sektor tersebut sehingga kerja sama akan terbangun nantinya.

Baca juga: Ceko-DIY jajaki kerja sama berbagai bidang

Selain itu, Gubernur juga menawarkan kerja sama sister province, yakni kerja sama antarpemerintah daerah di Ceko dengan Pemprov Aceh.

Terkait dengan pendidikan, Gubernur menjelaskan bahwa Pemprov Aceh selama ini telah membuat banyak program pengiriman siswa training ke sejumlah negara.

Kerja sama itu, kata Gubernur, hendaknya bisa juga dilakukan dengan Ceko sehingga Aceh dapat mengirim putra/putri terbaiknya untuk menyerap pengetahuan dari negara tersebut.

Dubes Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek mengatakan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan bisnis forum pada bulan Juni mendatang dengan dihadiri salah satu menteri dari negara tersebut.

Kedatangan menteri itu juga disebut akan membawa serta sejumlah pengusaha yang juga akan menawarkan kerja sama dengan Kadin Aceh.

Baca juga: Imigrasi deportasi turis asal Ceko jadi agen travel di Bali

Pewarta: M. Ifdhal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021