Kerja sama yang dilakukan merupakan bentuk pelaksanaan program optimalisasi aset yang menjadi salah satu program holding perkebunan
Semarang (ANTARA) -
PT Perkebunan Nusantara IX menggandeng PT Foss Alam Nusantara (Foss Group) dalam pengembangan kawasan tambak udang vaname di Afdeling Pesantren Unit Kebun Semugih, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sebagai salah satu bentuk optimalisasi aset.

"Kerja sama yang dilakukan merupakan bentuk pelaksanaan program optimalisasi aset yang menjadi salah satu program holding perkebunan," kata Direktur PTPN IX Tio Handoko di Semarang, Kamis.

Penandatanganan nota kesepahaman pengembangan tambak udang vaname antara PTPN IX sebagai anak perusahaan holding perkebunan dengan Foss Group itu dilaksanakan di Afdeling Pesantren Unit Kebun Semugih, Kabupaten Pemalang pada Rabu (28/4).

PTPN IX menyiapkan kurang lebih 200 hektare lahan di afdeling pesantren yang siap untuk dikembangkan menjadi tambak udang dan berbatasan langsung dengan pantai utara Laut Jawa.

PT Foss Alam Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri perikanan, budi daya udang, hasil olahan serta ekspor impor logistik.

Tio menjelaskan bahwa dalam hal ini PTPN IX melakukan diversifikasi usaha dengan mitra untuk pemanfaatan aset yang memiliki potensi sumber daya untuk budi daya perikanan maupun potensi lainnya seperti raw material.

"Diharapkan dengan kerja sama ini dapat memberikan keuntungan bagi PTPN IX atas aset yang masih memiliki peluang usaha selain bisnis perkebunan," ujarnya.

Komisaris PT Foss Alam Nusantara Rusiadi yang dihubungi terpisah menambahkan kerja sama yang dilaksanakan akan melibatkan masyarakat sekitar afdeling pesantren, khususnya para santri untuk diprioritaskan menjadi mitra dalam pengembangan budi daya udang vaname.

Selain itu, kawasan tambak udang vaname di Kabupaten Pemalang akan dikembangkan menjadi kawasan industri perikanan yang terintegrasi mulai dari hulu hingga ke hilir mulai dari pengembangan budi daya, pemasaran, dan menjadi Centre of Excelence budi daya perikanan di Kabupaten Pemalang.

Baca juga: PTPN IX buka kerja sama kembangkan potensi lahan
Baca juga: PTPN IX panen raya udang vaname di Pemalang
Baca juga: Bisnis kopi PTPN IX bidik pasar lokal

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021