Kemenparekraf ajak komunitas bangun komunikasi promosikan pariwisata

Kemenparekraf ajak komunitas bangun komunikasi promosikan pariwisata

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah saat memberikan sambutan saat acara forum diskusi Strategi Komunikasi Peningkatan Hubungan Kerja Sama dengan Mitra Kerja yang diselenggarakan Kemenparekraf di Hotel Harmoni, Kabupaten Garut, Selasa (27/4/2021). (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak seluruh komunitas maupun pegiat wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk membangun komunikasi yang bisa mempromosikan dan mendongkrak potensi pariwisata maupun ekonomi kreatif lainnya sehingga memberikan manfaat bersama.

"Komunitas di sini bisa kita maksimalkan apa yang menjadi program terkait pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf Agustini Rahayu usai acara forum diskusi Strategi Komunikasi Peningkatan Hubungan Kerja Sama dengan Mitra Kerja yang diselenggarakan Kemenparekraf di Hotel Harmoni, Kabupaten Garut, Selasa.

Ia menuturkan sebagai upaya membangun komunikasi itu, Kemenparekraf menggelar kegiatan tentang strategi komunikasi yang mengundang banyak pihak komunitas maupun pegiat wisata di Kabupaten Garut.

Baca juga: Kemenparekraf revisi target wisatawan mancanegara dan domestik

Dalam kondisi pandemi COVID-19, kata dia, perlu sinergi antara pemerintah, masyarakat dan DPR RI untuk bahu membahu membangun sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif dengan menerapkan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE).

"Kita dan daerah termasuk di dalamnya DPR bahu membahu untuk membangun protokol kesehatan berbasis CHSE, itu harus banget diterapkan," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tapi butuh peran komunitas untuk mendorong berbagai potensi wisata yang ada di Kabupaten Garut.

Kabupaten Garut, kata dia, memiliki banyak potensi unggulan seperti sektor wisata alam dan budaya yang tinggal dikemas menarik dan dipromosikan maka akan banyak kunjungan ke Garut.

"Pengemasan itu tadi, makanya kita perlu komunikasi, sebenarnya potensinya sudah ada semua, yang kuat di sini (Garut) 'nature' alam dan budaya, apalagi Garut ini dekat dengan Bandung," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Pembukaan destinasi wisata selama lebaran wewenang daerah

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah yang hadir dalam acara tersebut mengatakan Kemenparekraf harus berupaya maksimal untuk membangun komunikasi dan mengangkat potensi pariwisata yang ada di daerah salah satunya Kabupaten Garut.

Menurut dia perlu ada pembinaan pembuatan konten yang menarik di era digital saat ini bagi komunitas dan pelaku usaha wisata agar nantinya bisa dipasarkan bersama melalui berbagai media termasuk situs kementerian.

"Bisa memanfaatkan situs-situs yang ada di kementerian untuk bantu mempromosikan daerah," katanya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mendukung  kegiatan terkait strategi komunikasi tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pariwisata bagi perekonomian masyarakat.

"Potensi bisnis kita adalah sektor pariwista dan pertanian, dan tentu paling penting meningkatkan daya saing yaitu meningkatkan kualitas daya manusianya," kata Helmi.
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021