Makassar (ANTARA) - Jajaran Lantamal VI Makassar menggelar Shalat Gaib dan doa bersama, menyusul pengumuman resmi bahwa 53 prajurit KRI Nanggala-402 gugur dalam menjalankan tugas di perairan Bali.

"Shalat Gaib dan doa bersama ini untuk penghormatan dan doa bagi prajurit yang gugur melaksanakan tugas," kata Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari di Makassar, Senin.

Ia bersama personel Mako Lantamal VI serta Yonmarhanlan VI melakukan Shalat Gaib dan doa bersama di Masjid Jamiatul Bahari Mako Lantamal VI.

Ia mengatakan setelah ditetapkannya KRI Nanggala-402 tenggelam di kedalaman 838 meter dan seluruh kru yang berjumlah 53 personel dinyatakan gugur oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, mulai tadi malam secara serentak TNI AL di seluruh wilayah di Indonesia melaksanakan doa bersama,

Baca juga: Kodim Simeulue gelar Shalat Gaib bagi korban KRI Nanggala-402

Hari ini, Lantamal VI Makassar secara serentak telah melaksanakan apel khusus dan dilanjutkan dengan Shalat Gaib dan doa tahlil.

Ia berharap, doa-doa para prajurit Lantamal VI memberikan doa keselamatan dan Tuhan YME memberikan tempat yang layak kepada para patriot bangsa, khususnya prajurit KRI Nanggala-402 .

“Semoga arwahnya, amalnya diterima di sisi-Nya, tentunya seperti janji Allah SWT bahwa barang siapa yang mati syahid di antaranya mati tenggelam di jalan Allah, insyaallah surga jaminannya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,“ katanya.

Secara bersamaan, personel Lantamal VI yang beragama Nasrani juga melaksanakan doa bersama untuk prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur, bertempat di gereja Mako Lantamal VI. Doa tersebut dipimpin Serka Andarias dan pujian dipimpin Koptu TTU Joko W.

Baca juga: Unusa gelar Shalat Gaib untuk prajurit KRI Nanggala-402
Baca juga: Jamaah Al-Markaz Makassar shalat gaib untuk awak KRI Nanggala-402
Baca juga: Menag ajak umat gelar Shalat Gaib untuk awak Nanggala-402
Suasana doa bersama oleh jajaran Lantamal VI Makassar di Mako Lantamal VI, Makassar, , Senin (26/4/2021). ANTARA Foto /HO/ Dispen Lantamal VI

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021