Pemprov Papua tunda pelantikan bupati-wabup Yahukimo periode 2021-2025

Pemprov Papua tunda pelantikan bupati-wabup Yahukimo periode 2021-2025

Sekda Provinsi Papua Dance Yulian Flassy. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/am.

Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menunda pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil bupati Yahukimo periode 2021-2025.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy, di Jayapura, Senin, mengatakan pelantikan itu diharapkan dalam waktu dekat dapat terlaksana.

"Setelah kembali dari Jakarta, kami akan membahas hal ini lagi dengan Gubernur Papua," katanya pula.

Menurut Dance, rencananya pelantikan bupati dan wakil bupati Yahukimo akan dilaksanakan secara virtual.

"Sore ini (26/4) saya akan berangkat ke Jakarta untuk menghadiri pemakaman Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, di Kalibata," ujarnya.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo periode 2021-2025 diikuti oleh dua pasangan, yaitu nomor urut satu Didimus Yahuli-Esau Miram, kemudian nomor urut dua Abock Busup–Yulianus Heluka.

Pasangan nomor urut satu Didimus Yahuli-Esau Muram meraih 172.535 suara. Sedangkan pasangan nomor urut dua Abock Busup-Yulianus Heluka meraih 138.064 suara.

Ketua KPUD Kabupaten Yahukimo Yesaya Magayang mengatakan total perolehan surat suara sah sejumlah 310.599 suara. Tercatat ada enam suara tidak sah, karena surat suara keliru atau salah coblos di Distrik Dekai, sedangkan daftar pemilih tetap (DPT) tercatat 310.605 suara.
Baca juga: Bupati Yahukimo tetap bertugas meski tidak di tempat selama pandemi
Baca juga: Kemarin, staf KPU Yahukimo dibunuh hingga kebakaran Telkom Pekanbaru
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021