Puting beliung merusak 20 rumah warga di Aceh Timur

Puting beliung merusak 20 rumah warga di Aceh Timur

Warga memperbaiki atap rumah yang rusak karena diterjang puting beliung di Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Minggu (25/4/2021). ANTARA/Hayaturrahmah.

Banda Aceh (ANTARA) - Puting beliung pada Sabtu (24/4) pukul 20.00 WIB menerjang sebagian wilayah Kecamatan Peureulak di Kabupaten Aceh Timur dan menyebabkan setidaknya 20 rumah warga rusak menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Kami masih mendata rumah yang rusak akibat angin puting beliung. Hingga kini yang terdata sudah 20 rumah," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Minggu.

Ia memerinci, puting beliung menyebabkan 16 rumah rusak ringan, tiga rumah rusak sedang, dan satu rumah rusak berat. Rumah-rumah itu umumnya mengalami kerusakan pada bagian atap.

Warga yang rumahnya rusak akibat puting beling sebagian mengungsi ke rumah saudara atau tetangga. Dinas Sosial sudah menyalurkan bantuan kepada mereka.

"Selain rumah, juga ada satu unit ruang belajar balai pengajian yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung tersebut," kata Ashadi.

"Ruang belajar balai pengajian yang rusak berada di Kompleks Dayah Darul Munawwarah di Desa Seuneubok Aceh. Kerusakan berupa atap, plafon, dan alat pengeras suara," ia menambahkan.

Ia mengatakan, bencana alam tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi berbagai kemungkinan menyusul cuaca buruk melanda pantai timur Provinsi Aceh dalam beberapa hari terakhir," kata Ashadi.

Baca juga:
Kampung Bugis Tanjungpinang dihantam puting beliung
Puluhan rumah warga OKU rusak berat akibat puting beliung
Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021