Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah I Medan, Kamis, disebutkan bahwa potensi hujan disertai angin kencang tersebut dapat terjadi di wilayah lereng timur, pegunungan, lereng barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Baca juga: BBMKG: waspadai belokan angin jelang Ramadhan di Sumut

Baca juga: Puting beliung landa Desa Telagah Langkat Sumut


Secara umum cuaca di Sumut pada siang hari berawan dan terjadi hujan ringan di sebagian Lereng Timur, Pegunungan, Lereng Barat dan sekitarnya.

Sore hingga malam hari berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat di sertai petir di seluruh Wilayah Sumatera Utara, sementara dini hari umumnya berawan dan terjadi hujan ringan hingga sedang di Pantai Barat dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 24.0 – 32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen, angin berhembus dari Barat Daya – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias-Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias masuk dalam kategori sedang yang dapat mencapai 1.25 - 2.5 meter.

Baca juga: Suhu udara di Sumut meningkat, capai 34 derajat Celsius

Baca juga: Hujan deras dan angin kencang landa Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021