Presiden Jokowi pastikan mulai bangun di KITB pada Mei 2021

Presiden Jokowi pastikan mulai bangun di KITB pada Mei 2021

Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang berlokasi di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Rabu (21/4/2021), setelah pada 30 Juni 2020 lalu melakukan peninjauan rencana kawasan. Dalam kunjungan kali ini, Kepala Negara memantau perkembangan dari pembangunan kawasan itu. ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Lukas/am.

Batang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memastikan sudah ada perusahaan yang akan melakukan "ground breaking" atau peletakan batu pertama di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) pada Mei 2021.

"Pada bulan depan atau Mei akan ada 'ground breaking' pabrik kaca di KIT-B atau Grand Batang City dan nantinya pabrik tersebut akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara," kata Presiden Jokowi di sela-sela kunjungan ke KIT-B, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu sore.

Presiden Jokowi  sengaja datang ke KIT-B guna melihat secara langsung progres atau perkembangan penyiapan lahan dan infrastruktur penunjang.

Baca juga: Batang pastikan pembangunan infrastruktur KITB selesai tepat waktu

Ternyata dari 4.500 hektare lahan yang disiapkan secara keseluruhan untuk tahap pertama seluas 450 hektare sudah hampir digunakan semuanya.

Ia mengatakan setelah pabrik kaca dibangun di KIT-B, selanjutnya akan ada industri lain seperti Recusor dan Catoda yang akan di bangun pada bulan selanjutnya.

"Adapun dari 4.300 hektare lahan dengan kesiapan lahan 450 hektare ini sudah saya perintahkan kepada jajaran manajemen agar segera bisa dibangun," kata Presiden.

Presiden Jokowi berharap pembangunan sejumlah pabrik di KIT-B akan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya sehingga memberikan peluang pekerjaan seluas-luasnya.

Selain itu, juga ada arus modal masuk atau "Capital in Flow" di Indonesia dimana hal itu bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Bahlil pastikan tahun ini KIT Batang siap terima investor

"Oleh karena, akan saya cek secara rutin kawasan industri di Batang ini karena ini memang kawasan yang besar sekali dan memiliki daya saing yang sangat baik. Inilah yang akan kita jadikan sebagai contoh untuk kawasan industri yang lain yang ada di provinsi lain," katanya.***1***
Pewarta : Kutnadi
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021