Jakarta (ANTARA) - Aplikasi telemedisin aido health menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna lebih mudah mencari daftar rumah sakit atau klinik mitra di Home Screen, layar utama.

"Inovasi-inovasi ini merupakan respons kami terhadap masukan dan saran dari pengguna, sehingga memungkinkan kami terus melakukan perbaikan dan pembaharuan aplikasi menjadi makin user friendly," ujar Abiyasa Wiharso, Head of Product and Marketing aido health dalam siaran pers, Rabu.

Kemudahan bagi pengguna juga diwujudkan dengan sistem yang terintegrasi dalam aplikasi. Bila sebelumnya, link telekonsultasi tatap muka bagi pelanggan dikirimkan melalui email, namun kini link telekonsultasi tatap muka bisa diakses melalui aplikasi secara langsung.

Baca juga: Vaksin bukan akhir, gaya hidup sehat adalah kebutuhan

Baca juga: Watsons Indonesia gelar HWB Award 2020 rayakan hari jadi ke-14 tahun


Metode pembayaran untuk layanan berbayarnya pun makin beragam, mulai dari e-wallet, transfer bank, virtual account, asuransi, juga kartu kredit.

Selain terus membaharui teknologi, kata Abiyasa, aido health juga terus memperluas mitra rumah sakit dan klinik.

Saat ini, aido health sudah bermitra dengan lebih dari 50 fasilitas kesehatan dan menjangkau lebih dari 50 kota. Di antaranya adalah Bethsaida Hospital, Siloam Hospital Group, RS Annisa Cikarang, RSU Fastabiq Sehat PKU, RSIA Buah Hati Pamulang, RS Bunda Group, RS Islam Jakarta Sukapura, RSU YK Madira, Klinik Laboratorium Diagnos, Klinik Medifit, Klinik Utama DR. Indrajana, dan Lyfline.

"Bagi masyarakat yang merasa terganggu kesehatannya, bisa berkonsultasi gratis dengan dokter umum untuk melakukan asesmen atau evaluasi awal. Ini sebelum kemudian dirujuk ke dokter spesialis sesuai dengan penyakit yang dideritanya. Caranya, jangan lupa, klik fitur Tanya Dokter Aja!," kata Abiyasa.

Telemedisin kini lebih disukai oleh masyarakat. Kepastian mendapat informasi kesehatan yang tepat sangat dibutuhkan masyarakat di tengah suasana pandemi dengan mobilitas masyarakat yang terbatas. Apalagi ada kekhawatiran tertular COVID-19 di pusat layanan kesehatan atau area publik menjadi salah satu alasannya.

"Karena itulah, telekonsultasi gratis dengan dokter umum yang disediakan aido health bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi kesehatan. Antara lain untuk mereka yang terpapar virus SARS-Cov-2 sehingga harus melakukan isolasi mandiri (isoman) dan ingin mengetahui perkembangan kondisi tubuhnya setiap hari, maupun berbagai informasi yang tepat mengenai vaksin COVID-19 termasuk efek sampingnya," kata Abiyasa.

Cara mempergunakan fitur Tanya Dokter Aja! sangatlah mudah hanya dengan tiga langkah yaitu: pilih layanan Tanya Dokter Aja!, tentukan jadwal, lalu klik link telekonsultasi untuk melakukan konsultasi sesuai jadwal.

Baca juga: Studi: Orang Indonesia manfaatkan teknologi untuk tingkatkan kesehatan

Baca juga: Pengguna telemedisin kesehatan jiwa naik di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Raisa manfaatkan layanan telemedisin jawab kekhawatiran soal kesehatan

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021