Progresnya saat ini sudah 67,9 persen dengan nilai kontrak keseluruhan Rp7,7 triliun
Jakarta (ANTARA) - PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengungkapkan progres pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, hingga Maret 2021 telah mencapai 67,9 persen.

"Progresnya saat ini sudah 67,9 persen dengan nilai kontrak keseluruhan Rp7,7 triliun," ujar Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

Dalam paparannya, Entus menyampaikan progres pembangunan masing-masing seksi Tol Sigli-Banda Aceh yakni progres untuk Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum telah mencapai 39,5 persen.

Kemudian progres pembangunan untuk Seksi 2 Seulimeum-Jantho mencapai 74,8 persen, progres untuk Seksi 5 Blang Bintang-Kutabaro mencapai 29,3 persen dan Seksi 5 Kutabaro-Baitussalam mencapai 61,7 persen.

Baca juga: Adhi Karya berharap Tol Sibanceh picu perkembangan ekonomi masyarakat

Adapun Seksi 3 Jantho-Indrapuri dan Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang selesai dibangun dan telah dioperasikan.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk. berharap jalan Tol Sigli-Banda Aceh atau Sibanceh dapat memicu perkembangan ekonomi masyarakat sekitar.

Corporate Secretary Adhi Karya Parwanto Noegroho mengatakan Tol Sibanceh merupakan tol pertama di wilayah Banda Aceh, yang diyakini akan membawa dampak positif, salah satunya mempersingkat waktu tempuh perjalanan yang semula memakan waktu hingga 3 jam perjalanan, kini hanya menjadi 1 jam perjalanan.

Selama proses pembangunannya, Adhi Karya mempertimbangkan rute terbaik yang memberi manfaat pada jalur yang dilalui, tanpa mengorbankan lahan-lahan produktif.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan keadaan sekitar, sambil turut membuka potensi baru untuk pemerataan pembangunan dan percepatan tumbuhnya sumber ekonomi baru di sekitar jalur proyek.

Baca juga: Tol Sigli-Banda Aceh seksi 3 beroperasi besok, gratis hingga 14 hari

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021