Jakarta (ANTARA) - Perusahaan elektronik rumah tangga Electrolux mengeluarkan fitur baru untuk kulkas bernama ultimate taste sebagai sarana penyimpanan bahan makanan untuk menghindari food waste atau membuang makanan dengan sia- sia sebagai bentuk mendukung industri keberlanjutan di Indonesia.

Fitur baru itu terdiri dari dua bagian yaitu taste seal dan taste lock yang bisa melindungi bahan makanan mulai dari sayur, buah, hingga seluruh jenis daging baik ikan, ayam, hingga sapi.

Baca juga: MUI: Sahur dan iftar secukupnya agar sampah organik tak menumpuk

Taste lock dan taste seal ini juga sejalan dengan langkah kami untuk 2030 yaitu for better 2030. Kita bisa kurangi sampah makanan, dengan menjaga kesegaran bahan makanan kita bisa mengolah bahan- bahan itu tanpa sisa karena ada rasa dan nutrisi yang terjaga,” kata Head of Product Marketing Electrolux Indonesia Hendra Pawitra dalam konferensi pers virtual, Selasa.

Fitur taste lock merupakan fitur yang disematkan oleh Electrolux untuk menjaga ketahanan buah dan sayur.

Hendra mengatakan buah dan sayur dapat tahan lebih lama dengan adanya taste lock.

Hal itu pun ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indonesian Nutrition Association yang diketuai oleh Dokter Ahli Gizi Luciana Sutanto.

Dokter Luciana mengatakan dalam penelitian perbandingan ketahanan sayur dan buah yang ditaruh di dalam kulkas dengan 4 merk berbeda, teknologi tastelock dari Electrolux memiliki kemampuan mempertahankan buah dan sayur lebih baik dibanding merk kulkas lainnya.

“Metode kita itu double blind, jadi gak ada yang tahu merk kulkasnya itu apa sampai hasil akhirnya kelihatan. Ada tiga jenis yang dites itu seledri, stroberi, dan jamur,” kata dokter Luciana.

Penelitian yang dimuat dalam “Journal of Food and Nutrition Research vol. 8” (2020) itu menunjukkan bahwa tiga bahan makanan itu memiliki kesegaran hingga kandungan nutrisi yang lebih terjaga dibanding dengan tiga kulkas lainnya.

Selanjutnya, fitur taste seal yang dikhususkan untuk penyimpanan daging-daging mulai dari ikan, ayam, hingga sapi.

Hendra memaparkan fitur taste seal mampu mempertahankan kesegaran daging di suhu -2 derajat Celcius tanpa perlu memasukannya ke dalam freezer atau pembeku makanan.

Ada dua seri yang saat ini dilengkapi taste lock dan taste seal yaitu Ultimatetaste series 300 dan Ultimatetaste series 900.

Baca juga: Tiga tips kurangi limbah makanan

Baca juga: Menghitung makan berbuka dapat hindari makanan mubazir

Baca juga: Makin Betah di Dapur dengan Electrolux


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021