Khazanah raih Rp1,1 triliun dari penempatan saham Telekom Malaysia

Khazanah raih Rp1,1 triliun dari penempatan saham Telekom Malaysia

Khazanah Nasional Berhad (1)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Perusahaan manajemen investasi Malaysia, Khazanah Nasional Berhad berhasil meraih dana RM312 juta atau Rp1,1 triliun dari penempatan saham di perusahaan telkom negara setempat Telekom Malaysia.

"Dana yang diperoleh akan digunakan untuk investasi baru, termasuk investasi di sektor strategis baru. Khazanah ingin mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan penempatan 53,8 juta saham di Telekom Malaysia Berhad (TM) dengan harga RM5,80 per saham, meningkatkan pendapatan kotor sebesar RM312 juta," kata pernyataan tersebut, Kamis.

Harga penempatan mewakili diskon tiga persen dari harga pasar penutupan RM5,98 pada 14 April 2021.

"Pelaksanaan penempatan saham adalah bagian dari upaya berkelanjutan Khazanah untuk menyeimbangkan kembali portofolionya dan mendaur ulang investasinya dari aset yang ada menjadi aset baru, termasuk yang strategis untuk masa depan negara," katanya.

Dalam hal ini, ujarnya, hasil dari penempatan akan digunakan untuk investasi baru, termasuk investasi di sektor strategis baru yang dapat membantu memacu pertumbuhan ekonomi Malaysia dan menciptakan lapangan kerja baru dengan keterampilan tinggi.

"Dengan pemulihan harga saham yang kuat dan permintaan saham TM yang didorong oleh inisiatif transformasi digital di bawah Cetak Biru Ekonomi Digital Malaysia ("MyDigital") Pemerintah, penempatan tersebut memberi Khazanah kesempatan untuk memonetisasi sebagian investasinya di TM, yang selanjutnya akan meningkatkan mengambang bebas dan daya tarik saham TM. Setelah penempatan, kepemilikan saham Khazanah di TM akan menjadi 20,1 persen," katanya.

Saham tersebut ditempatkan ke sekelompok investor institusi jangka panjang domestik, serta investor institusi multi-strategi, dengan sebagian besar investor menjadi dana jangka panjang domestik.

"Credit Suisse dan CIMB adalah joint book runner untuk pelaksanaan penempatan saham," katanya.

Khazanah adalah sovereign wealth fund (SWF) yang dipercayakan untuk menumbuhkan kekayaan jangka panjang bangsa melalui tujuan komersial dan strategis yang berbeda.

Tujuan komersial Khazanah adalah untuk menumbuhkan aset keuangan dan mendiversifikasi sumber pendapatan bagi bangsa, sedangkan tujuan strategisnya adalah untuk memiliki aset strategis yang membawa manfaat ekonomi jangka panjang.

Baca juga: Imigrasi Sulsel sejak Januari sudah mendeportasi tiga WN Malaysia

Baca juga: Masyarakat perbatasan di Nunukan padati pasar jelang berbuka puasa
Pewarta : Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021