EIG tandatangani kesepakatan infrastruktur 12,4 miliar dolar dengan Aramco

EIG tandatangani kesepakatan infrastruktur 12,4 miliar dolar dengan Aramco

ANTARA/Business Wire.

Konsorsium yang dipimpin EIG akan mengakuisisi 49% saham ekuitas di entitas baru, Aramco Oil Pipelines Co., dengan hak pembayaran tarif selama 25 tahun untuk minyak yang diangkut melalui jaringan pipa minyak mentah stabil Aramco

Salah satu transaksi infrastruktur energi terbesar di dunia

Washington (Antara/Business Wire)- EIG, investor institusional terkemuka untuk sektor energi global dan salah satu investor infrastruktur terkemuka dunia, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian sewa-balik dengan Saudi Arabian Oil Co. ("Aramco"), di mana konsorsium investor dipimpin oleh EIG akan mengakuisisi 49% saham di Aramco Oil Pipelines Company ("Aramco Oil Pipelines"), entitas yang baru dibentuk dengan hak pembayaran tarif selama 25 tahun untuk minyak yang diangkut melalui jaringan pipa minyak mentah stabil Aramco. Transaksi ini bernilai sekitar 12,4 miliar dolar AS dengan Aramco memegang sisa 51% saham di entitas baru tersebut, yang menunjukkan nilai ekuitas total Aramco Oil Pipelines sekitar 25,3 miliar dolar AS.

Jaringan saluran pipa, yang mencakup semua pipa minyak mentah Aramco yang sudah ada dan yang distabilkan di masa depan di Kerajaan Arab Saudi, menghubungkan ladang minyak ke jaringan hilir. Jaringan saluran pipa mengangkut 100% minyak mentah Aramco yang diproduksi di Kerajaan di bawah Perjanjian Konsesinya.

Sebagai bagian dari transaksi itu, Aramco akan menyewakan hak penggunaan dalam jaringan saluran pipa minyak mentah yang distabilkan ke Aramco Oil Pipelines, dan Aramco Oil Pipelines akan memberikan kembali kepada Aramco hak eksklusif untuk menggunakan, mengangkut, mengoperasikan dan memelihara jaringan pipa selama jangka waktu 25 tahun sebagai imbalan atas tarif kuartalan berbasis volume, yang harus dibayar oleh Aramco. Tarif akan didukung oleh komitmen volume minimum. Aramco akan selalu memiliki hak atas, dan kendali operasional, jaringan saluran pipa dan akan menanggung semua risiko operasional dan biaya modal. Transaksi tersebut tidak akan memberlakukan batasan apa pun pada volume produksi minyak mentah Aramco yang sebenarnya yang tunduk pada keputusan produksi yang dikeluarkan oleh Kerajaan.

Ini merupakan peluang luar biasa bagi investor EIG, dan kami bangga dapat bermitra dengan Aramco dalam aset infrastruktur global besar ini, kata Ketua dan CEO EIG, R. Blair Thomas. Transaksi ini sangat selaras dengan filosofi EIG dalam berinvestasi pada aset berkualitas tinggi dengan arus kas terkontrak dalam infrastruktur penting. Kami menantikan kemitraan jangka panjang dengan Aramco dan memberikan nilai bagi investor kami melalui investasi penting ini.

Presiden & CEO Aramco, Amin H. Nasser, mengatakan: Transaksi penting ini menentukan jalan ke depan untuk program pengoptimalan portofolio kami. Kami memanfaatkan peluang baru yang juga selaras secara strategis dengan program Shareek Kerajaan yang baru-baru ini diluncurkan. Struktur permodalan Aramco yang kuat akan semakin ditingkatkan dengan kesepakatan ini, yang pada gilirannya akan membantu memaksimalkan keuntungan bagi pemegang saham kami. Selain itu, mitra jangka panjang kami dalam usaha ini akan mendapatkan keuntungan dari investasi di salah satu infrastruktur energi paling mengesankan di dunia. Ke depan, kami akan terus mencari peluang yang mendukung strategi penciptaan nilai jangka panjang kami.

Transaksi tersebut diharapkan akan rampung sesegera mungkin, dengan tunduk pada kondisi penutupan yang lazim, termasuk kontrol merger yang diperlukan dan persetujuan regulasi terkait.

Bank HSBC plc bertindak sebagai penasihat keuangan untuk EIG sehubungan dengan transaksi tersebut, dan Latham & Watkins bertindak sebagai penasihat hukum EIG.

Tentang EIG

EIG adalah investor institusional terkemuka untuk sektor energi global dengan dana kelolaan 22,0 miliar dolar AS per 31 Desember 2020. EIG berspesialisasi dalam investasi swasta dalam energi dan infrastruktur terkait energi secara global. Selama 39 tahun sejarahnya, EIG telah menjanjikan lebih dari 34,9 miliar dolar AS untuk sektor energi melalui lebih dari 365 proyek atau perusahaan di 36 negara di enam benua. Klien EIG mencakup banyak program pensiun terkemuka, perusahaan asuransi, dana abadi, yayasan, dan dana kekayaan negara di AS, Asia, dan Eropa. EIG berkantor pusat di Washington, D.C. dengan kantor di Houston, London, Sydney, Rio de Janeiro, Hong Kong dan Seoul. Untuk informasi tambahan, silakan kunjungi situs web EIG di www.eigpartners.com.

Tentang Aramco

Aramco merupakan perusahaan energi dan bahan kimia terintegrasi global. Kami didorong oleh keyakinan utama kami bahwa energi adalah peluang. Dari memproduksi kira-kira satu dari setiap delapan barel pasokan minyak dunia hingga mengembangkan teknologi energi baru, tim global kami berdedikasi untuk menciptakan dampak dalam semua yang kami lakukan. Kami fokus untuk membuat sumber daya kami lebih dapat diandalkan, lebih berkelanjutan, dan lebih berguna. Ini membantu mempromosikan stabilitas dan pertumbuhan jangka panjang di seluruh dunia. www.aramco.com.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210409005457/en/

Kontak
EIG
Sard Verbinnen & Co.
Kelly Kimberly /Brandon Messina
+1 212-687-8080

Aramco
Hubungan Media Internasional: international.media@aramco.com

Sumber: EIG

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021