Warga juga membutuhkan material bangunan untuk perbaikan rumah
Jakarta (ANTARA) - Organisasi kemanusiaan, Wahana Visi Indonesia (WVI) mendistribusikan bantuan ke pengungsi di NTT dengan prioritas kelompok rentan, terutama anak-anak.

"Saat ini kami fokus untuk memprioritaskan keselamatan dan kebutuhan kelompok rentan, terutama anak-anak. Kami menyalurkan bantuan air bersih, makanan, selimut, pakaian dan alat kebersihan untuk keluarga dan untuk anak-anak di bawah 2 tahun," ujar Humanitarian and Emenrgency Affairs WVI, Margarettha Siregar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyalurkan bantuan masker ke pengungsi NTT. (Karena saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19, kami juga menyalurkan bantuan APD berupa masker," tuturnya.

Sejak 5 April 2021, lanjut dia, WVI telah mendistribusikan tandon beserta 5.000 liter air bersih di dua lokasi pengungsian di Mauliru dan Kambaniru, Kabupaten Sumba Timur, salah satu wilayah yang terdampak Siklon Tropis Seroja.

Selain di Kabupaten Sumba Timur, ia menambahkan, WVI juga melakukan respons di Kupang, Alor, Timor Tengah Selatan dan Flores Timur. WVI fokus untuk menyediakan sanitasi dan air bersih, perlengkapan keluarga, bantuan nontunai dan APD.

Kini, Margarettha mengatakan, WVI sedang mempersiapkan untuk mendistribusikan 185 paket keluarga dan 20 paket untuk anak di bawah 2 tahun untuk para pengungsi di Mauliru. Air bersih juga akan disalurkan setiap pagi dan sore hari.

Ia juga mengatakan, WVI telah melakukan asesmen di lokasi dan mendapati kebutuhan para penyintas antara lain, makanan pokok, pakaian, obat-obatan, air bersih, fasilitas sanitasi, selimut, lampu emergency.

"Warga juga membutuhkan material bangunan untuk perbaikan rumah yang rusak," katanya.

Ia menyampaikan, respons tanggap darurat ini akan berlangsung selama tiga bulan ke depan. WVI akan menyalurkan bantuan nontunai untuk pemulihan ekonomi keluarga, juga mitigasi bencana untuk memperkuat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana.

WVI melakukan penggalangan dana dan mengajak masyarakat luas untuk turut membantu para penyintas.

Bantuan dapat disalurkan melalui rekening BCA nomor 478-3019445 atas nama Yayasan Wahana Visi Indonesia. Tambahkan kode angka "1" di nominal paling belakang.

Baca juga: Warga Bali galang bantuan bagi korban bencana di NTT

Baca juga: Mensos Risma balik kunjungi NTT, pastikan bantuan logistik tersalurkan

Baca juga: Helikopter dioptimalkan salurkan bantuan ke tempat terisolir di NTT

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021