Saya tidak berpikir bahwa ini saatnya untuk mengatakan bahwa dolar berada dalam tren menurun
New York (ANTARA) - Nilai tukar dolar AS naik tipis terhadap sejumlah mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), setelah risalah pertemuan Federal Reserve Maret, menunjukkan bank sentral berkomitmen untuk memperpanjang dukungan kebijakan moneter sampai rebound ekonomi di Amerika Serikat lebih aman.

Bahkan ketika ekonomi AS mulai menguat tahun ini, para pejabat Federal Reserve tetap berhati-hati tentang berlanjutnya risiko pandemi dan berkomitmen untuk memberikan dukungan kebijakan moneter sampai rebound lebih aman, menurut risalah tersebut.

"Risalah sekali lagi menunjukkan bahwa Fed berpikir itu akan menjadi" pada suatu waktu "sebelum para pejabat melihat kondisi yang diperlukan dari" kemajuan substansial lebih lanjut "pada tujuan ganda ketenagakerjaan dan inflasi," Ronald Simpson, direktur pelaksana, analisis mata uang global di Action Economics, mengatakan dalam sebuah catatan.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama saingannya, turun 0,181 persen menjadi 92,473. Indeks turun ke level 92.134 di awal sesi.

Dolar telah terapresiasi tahun ini bersama dengan imbal hasil obligasi pemerintah, karena investor bertaruh Amerika Serikat akan pulih lebih cepat dari pandemi COVID-19 daripada negara maju lainnya yang dibantu oleh stimulus fiskal dan moneter besar-besaran.

Tetapi kenaikan indeks dolar sebesar 2,5 persen pada Maret, kenaikan bulanan terbesar sejak akhir 2016, mendorong beberapa pedagang untuk membukukan keuntungan, kata para analis. Penurunan dalam imbal hasil obligasi pemerintah setelah reli yang cepat tahun ini juga menambah tekanan pada dolar.

Semua ini telah membuat investor bertanya-tanya apakah pelemahan dolar, yang mengirim mata uang tersebut ke level terendah tiga tahun awal tahun ini, mungkin akan berlanjut.

"Saya tidak berpikir bahwa ini saatnya untuk mengatakan bahwa dolar berada dalam tren menurun, namun beberapa dukungan yang dilihat telah memudar sampai taraf tertentu," kata Stuart Cole, kepala strategi makro di Equiti Capital di London.

Data Eropa yang optimis pada Rabu (7/4/2021) menunjukkan aktivitas bisnis zona euro bangkit kembali ke pertumbuhan pada bulan lalu, juga mendukung mata uang bersama terhadap greenback.

Dolar Australia melemah terhadap dolar, turun 0,74 persen, sedangkan dolar Selandia Baru turun 0,75 persen, keduanya menghentikan lintasan kenaikan mereka dalam dua minggu terakhir.

Dolar Kanada juga jatuh, terpukul oleh gelombang ketiga pandemi COVID-19 di negara itu.

Sterling merosot karena aksi ambil untung oleh para pedagang setelah kuartal pertama yang kuat untuk mata uang Inggris menariknya ke level terendah seminggu terhadap dolar, dan terendah dalam dua minggu terhadap euro.

Baca juga: Dolar tergelincir terseret penurunan imbal hasil dan aksi ambil untung
Baca juga: Dolar jatuh ke terendah satu minggu saat saham capai rekor tertinggi
Baca juga: Dolar menguat saat data ekonomi AS menunjukkan lebih banyak kemajuan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021