Berdasarkan evaluasi kami, so far so good
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menegaskan bahwa LIB terus mengevaluasi pelaksanaan Piala Menpora 2021 terutama menjelang bergulirnya babak perempat final mulai Jumat (9/4).

"Berdasarkan evaluasi kami, so far so good. Namun, tidak ada yang namanya sempurna di kejuaraan atau turnamen apapun. Masih ada hal-hal yang harus kami perbaiki," ujar Akhmad Hadian kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Menurut pria yang juga Ketua Panitia Pelaksana Piala Menpora 2021 itu, tantangan-tantangan muncul lantaran turnamen pramusim tersebut diselenggarakan saat pandemi COVID-19.

Baca juga: LIB: klub jangan kendurkan prokes sebelum perempat final Piala Menpora

Piala Menpora 2021 merupakan kompetisi sepak bola nasional pertama yang berlangsung saat pagebluk dan menyelenggarakannya butuh upaya lebih keras dari biasa.

"Semua orang tidak mempunyai pengalaman. Soal sumber daya manusia (SDM) ini memang menjadi salah satu persoalan, tetapi semuanya membaik seiring waktu," tutur Akhmad Hadian.

Terkait SDM tersebut, dia melanjutkan, yang menjadi persoalan pada awal Piala Menpora adalah jumlah. Hal itu membuat beberapa anggota panitia terkadang mesti berpindah-pindah tempat.

Namun, permasalahan tersebut didiskusikan dan, pada prosesnya, semua anggota panita sudah melekat di tempat kerjanya masing-masing.

"Jadi memang harus full dedicated di satu tempat," kata Akhmad Hadian.

Selain itu, ada pula keluhan dari tim-tim peserta soal fasilitas di hotel. Sebagai informasi, selama penyisihan grup, semua hotel tim peserta ditentukan oleh LIB.

Baca juga: Persebaya pastikan tetap maksimal lawan PSS meski telah lolos grup
Baca juga: Panitia klaim berhasil cegah penyebaran COVID-19 pada Piala Menpora


"Ada yang mengatakan menu kurang banyak atau apa. Biasalah kalau kita ke hotel, kan, begitu juga. Tidak semua bisa memuaskan," ujar Akhmad Hadian.

Sebagai solusi, pada babak delapan besar Piala Menpora, LIB memberikan kebebasan klub untuk memilih sendiri hotel mereka. Kemudian, LIB memberikan subsidi untuk membantu pembiayaannya.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang dimulai sejak 21 Maret sudah memasuki babak delapan besar.

Laga perempat final pertama mempertemukan juara Grup A PSIS Semarang versus peringkat kedua Grup B PSM pada Jumat (9/4). Selanjutnya, juara Grup B Persija melawan peringkat kedua Grup A Barito Putera pada Sabtu (10/4). Dua laga ini digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Sementara perempat final lain akan mempertemukan juara Grup C, yang belum dipastikan, melawan peringkat kedua Grup D Bali United pada Minggu (11/4). Kemudian, pada Senin (12/4), juara Grup D Persib menjajal kekuatan peringkat kedua Grup C, yang juga belum ditentukan. Semua laga itu dilaksanakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, atau Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Di Grup C sendiri, baru Persebaya yang sudah memastikan tempat pada perempat final lantaran telah meraup tujuh poin. Peringkat satu-dua grup ini baru dapat disegel pada Rabu (7/4), saat Persela bersua Persik dan PSS menjajal kekuatan Persebaya.

Baca juga: LIB berikan subsidi hotel bagi perempat finalis Piala Menpora 2021
Baca juga: Persija tak risau meski Dutra dan Novri absen kontra Barito Putera

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021