Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang sering kali dianggap sepele, terutama di kalangan remaja.
Kuala Lumpur (ANTARA) - Persatuan Pelajar Indonesia Universiti Teknologi Malaysia (PPI UTM) Johor Bahru baru saja menyelesaikan rangkaian program kesehatan mental "lingkar afeksi self love week" yang dilaksanakan dari 28 Maret - 4 April 2021 secara daring.

"Program ini berisikan beberapa kegiatan berbeda, dimulai dari webinar edukatif hingga tantangan-tantangan yang bisa turut diikuti langsung oleh peserta," ujar Humas PPI UTM Rifky Pramudita Mahendra di Johor Bahru, Senin .

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Departemen Sosial dan Hubungan Masyarakat PPI UTM 2020/2021.

"Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang sering kali dianggap sepele, terutama di kalangan remaja. Namun, kesehatan mental memiliki peran besar dalam hidup setiap orang, tak hanya bagi mereka yang sudah dewasa, namun anak-anak dan remaja pun bukanlah pengecualian," katanya.

Maka dari itu, ujar dia, Departemen Sosial dan Hubungan Masyarakat PPI UTM 2020/2021 menjadikan isu pentingnya kesehatan mental sesuatu yang ditekankan kapada anggota.

"Pada hari pertama, rangkaian kegiatan dimulai dengan diadakannya webinar," katanya.

Webinar ini dilaksanakan pada 28 Maret 2021 pada pukul 19.40 waktu setempat yang diisi oleh seorang psikolog asal Makassar, Andi Aisyah Alqumairah, S.Psi.

Kegiatan yang mengangkat topik "Pentingnya Mencintai Diri Sendiri" ini dihadiri lebih dari 250 peserta, yang terdiri atas anggota PPI UTM dan juga banyak diluar anggota PPI UTM dari seluruh Indonesia yang turut meramaikan.

"Webinar berjalan dengan sangat interaktif, tak hanya pembicara yang menyampaikan materi, namun juga peserta yang turut aktif berinteraksi dengan memberikan pertanyaan dan membagikan pengalamannya," katanya.

Dia mengatakan kegiatan tidak hanya berhenti sampai di situ saja karena setelah webinar berakhir peserta dapat mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu "1 week self love challenge".

"Kegiatan tujuh hari berturut-turut ini berisikan berbagai tantangan berbeda yang diberikan kepada peserta setiap harinya, dimulai dari mengunggah foto favorit mereka hingga meminta peserta untuk melakukan hal yang mereka sukai," katanya.

Dia mengatakan kegiatan "lingkar afeksi self love week" diadakan dengan harapan agar masyarakat Indonesia, khusus nya anggota PPI UTM bisa lebih teredukasi akan pentingnya mencintai diri sendiri, terutama dalam kerasnya lingkungan pendidikan perkuliahan.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021