Kapolri pastikan keamanan Malam Jumat Agung

Kapolri pastikan keamanan Malam Jumat Agung

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan Uskup Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu (kanan) saat meninjau pengamanan Gereja Katedral Hati Tersuci Maria di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (1/4/2021). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/foc/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kunjungan kerja (kunker) ke Sulawesi Utara (Sulut), Kamis, mengatakan pihaknya memastikan keamanan pelaksanaan ibadah Malam Jumat Agung bagi umat Nasrani yang merayakan kenaikan Isa Al Masih.

"Kami memastikan ibadah di wilayah yang mayoritas Nasrani dan banyak terdapat Gereja," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya.

Jenderal bintang empat itu melakukan peninjauan langsung ke Gereja di Sulut untuk memastikan pengamanan menjelang perayaan Jumat Agung atau wafatnya Isa Almasih.

Baca juga: Kapolri: Pelaku penembakan beraksi sendiri
Baca juga: Kapolri: 23 orang ditangkap terkait bom Gereja Kathedral Makassar


Sigit menyambangi Gereja Katedral dan Gereja Masehi Injil Minahasa, Sulawesi Utara. Hal itu dilakukan demi terciptanya rasa aman bagi umat Kristiani menjalani ibadah saat peringatan wafatnya Isa Almasih dan Paskah.

Untuk diketahui jumlah gereja di Provinsi Sulut yakni sebanyak 5.279 tempat ibadah Kristen Protestan dan 295 Gereja untuk Kristen Katolik.

Wilayah tersebut juga kalau dilihat dari segi persentase agama yang dipeluk oleh masyarakatnya antara lain, Islam 30 persen, Kristen 64 persen dan agama lainnya 6 persen.

Selain mengunjungi gereja, Sigit juga sempat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 di Mapolda Sulawesi Utara hari ini. Vaksinasi ini diikuti personel Polri dan masyarakat sekitar.

"Hari ini sebanyak 204 personel dan 60 orang masyarakat umum dari puskesmas melaksanakan vaksinasi COVID-19," ujar Sigit.

Sigit menjelaskan, sebanyak 8.053 personel di Sulawesi Utara yang sudah dilakukan vaksinasi tahap pertama. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.617 personel yang sudah melakukan vaksinasi tahap dua yang artinya sudah 20,07 persen.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi ini kami kerahkan sebanyak 25 orang vaksinator Polri yang dibantu vaksinator dari puskesmas sebanyak 12 orang," ujarnya.

Baca juga: Kapolri tinjau vaksinasi massal di Mapolda Sulut
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021