Polisi dalami asal usul senjata api pelaku teror Mabes Polri

Polisi dalami asal usul senjata api pelaku teror Mabes Polri

Suasana di depan Mabes Polri Jalan Trunojoyo pascapenembakan oleh teroris wanita, Rabu (31/3/2021). ANTARA/Laily Rahmawaty.

Jakarta (ANTARA) - Mabes Polri masih mendalami asal usul senjata api yang dibawa oleh terduga teroris Zakia Aini (ZA) saat melakukan penembakan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3).

"Masih didalami masalah senjatanya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen Pol Rusdi Hartono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Kamis.

Saat ditanya apakah jenis senjata yang digunakan pelaku ZA adalah senjata organik atau rakitan, Rusdi mengatakan "senjata beneran (asli senjata api-red)".

Ketika ditanya lebih lanjut apakah jenis senjata air gun, Ia pun menjawab sedang didalami pihaknya. "Senjata beneran. Sedang didalami," ucap Rusdi.

Baca juga: Polri audit pengamanan di markas kepolisian pascapenembakan

Baca juga: Pengamanan ketat di Mabes Polri masih diberlakukan pascapenembakan


Menurut Rusdi, pada saat kejadian pelaku hanya membawa senjata api, tidak ditemukan senjata tajam lainnya. Polri juga tengah mendalami teknis apakah senjata pelaku tersebut dapat dibeli bebas di pasaran.

Rusdi juga menyatakan senjata tersebut dibawa sendiri oleh pelaku, bukan mengambil senjata milik petugas yang ada di pos penjagaan.

Selain itu, Polri juga menelusuri keanggotaan pelaku dalam organisasi klub penembak menyusul ditemukan-nya kartu tanda anggota (KTA) Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin).

"Polri sedang mendalami berkoordinasi dengan Perbakin masalah klub ini sedang didalami," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu (31/3) sekitar pukul 16.30 WIB, terduga teroris yang mengenakan pakaian serba hitam dan penutup kepala berwarna biru masuk ke dalam kawasan Mabes Polri.

Terduga teroris tersebut sempat menodongkan senjata api kepada aparat yang sedang bertugas di sekitar gerbang Mabes Polri.

Tidak menunggu lama terduga teroris berjenis kelamin perempuan tersebut langsung dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas karena telah mengancam keselamatan.

Baca juga: Tetangga berusaha menguatkan keluarga ZA pascainsiden di Mabes Polri

Baca juga: Kapolri: Pelaku penembakan beraksi sendiri
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021