116 orang lolos tes administrasi calon hakim agung

116 orang lolos tes administrasi calon hakim agung

Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata. ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata menyebutkan dari 149 orang yang mendaftar sebagai calon hakim agung, sebanyak 116 orang lolos dalam tes administrasi.

"Jumlah pendaftar dari catatan KY ada 149 orang dari hakim karier dan ad hoc, dan jumlah yang lolos administrasi ada 116 orang yang akan kami sampaikan kepada publik siang ini," kata Mukti Fajar dalam rapat audiensi Komisi III DPR RI terkait proses seleksi calon hakim agung di kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa seleksi itu berdasarkan Surat Mahkamah Agung (MA) Nomor 7 Tahun 2021 terkait kebutuhan 13 hakim agung.

Menurut dia, 13 hakim agung tersebut terdiri atas 8 orang untuk Kamar Pidana, dua orang untuk Kamar Perdata, satu untuk Kamar Militer, dan dua orang untuk kamar Tata Usaha Negara.

"Proses seleksi hanya 6 bulan, dimulai pada 1 Maret untuk pengumunan dan pendaftaran yang berakhir akhir Maret," ujarnya.

Menurut dia, KY akan mengumumkan nama-nama yang lolos administrasi pada tanggal 31 Maret. Mereka yang lolos selanjutnya mengikuti tes seleksi, seperti kualitas, kepribadian, dan wawancara.

Ia menargetkan KY mengirimkan nama-nama tersebut ke Komisi III DPR untuk menjalani uji kelayakan dan komptensi pada tanggal 9 Agustus 2021.

Baca juga: Pendaftaran resmi ditutup, 145 calon hakim agung mendaftar ke KY

"Kami akan usulkan ke Komisi III DPR untuk menjalani uji kelayakan pada tanggal 9 Agustus 2021," katanya.

Dalam rapat tersebut, anggota KY Siti Nurdjanah menyebutkan dari 116 calon yang lolos administrasi terdiri atas 75 orang dari hakim karier peradilan umum, TUN, dan militer, dan 41 orang nonkarier terdiri atas praktisi dan akademisi.

Pendaftar untuk Kamar Perdata, lanjut dia, dari 47 orang pendaftar, yang lolos 36 calon; untuk Kamar Pidana, yang lolos 73 orang dari 85 calon pendaftar.

"Untuk Kamar Tata Usaha Negara yang daftar ada 12 orang dan hanya 4 orang yang lolos. Sementara itu, untuk Kamar Militer dari 5 orang pendaftar, 3 orang yang lolos administrasi," ujarnya.

Dari sisi pendidikan yang lolos administrasi, lanjut Siti, terdiri atas 44 orang lulusan S-2 dan 72 calon lulusan S-3.

Mereka yang lolos administrasi sebanyak 20 orang perempuan dan 96 laki-laki.

Rapat audiensi tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry dan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir serta dihadiri para anggota KY.

Baca juga: KY sebut pendaftar calon hakim agung 2021 terbanyak selama seleksi

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021