Jakarta (ANTARA) - Seungyoon, pemimpin dari grup K-pop WINNER yang jadi perhatian lewat acara kompetisi di televisi lebih dari 10 tahun lalu, mengatakan album solo perdananya adalah "memoar" dari perjalanan musikalnya selama satu dekade belakangan.

Semenjak jadi peserta acara reality "Superstar K2" pada 2010, Seungyoon dikenal jadi anggota kunci WINNER yang menulis dan memproduksi lagu untuk grup tersebut.

Baca juga: YG Entertainment minta maaf gara-gara Mino WINNER

Setelah bertahun-tahun aktif sebagai grup, kini dia mengeluarkan album solo "Page" yang berisi 12 lagu, seluruhnya ditulis sendiri, menampilkan kolaborasi dengan sejumlah musisi seperti Yoon Jong-shin, Simon Dominic dan Mino dari grup WINNER.

"Karena ini album studio solo pertamaku dalam 10 tahun, saya pikir temanya tidak bisa sesederhana soal cinta. Fokus terbesar saya adalah menceritakan kisah sendiri dengan cara saya sendiri," kata Seungyoon dikutip dari Yonhap.

Dia mengatakan, lagu-lagu dalam albumnya adalah ringkasan dari apa yang dia rasakan selama 10 tahun. "Ini seperti memoar dari dekade belakangan."

Untuk menceritakan kisahnya lewat musik, Seungyoon menggali perasaannya yang dituangkan dalam lagu "Iyah", artinya "untuk seorang anak" dalam bahasa Korea, tapi juga bisa jadi ungkapan sehari-hari seperti "aduh".

"Idenya datang dari bagaimana ibuku memperlakukanku seperti saya masih kecil. Saya terinspirasi dengan bagaimana beliau melihat saya seperti masih belia, sementara saya sering merasa tertekan oleh banyak hal, berpikir saya harus jadi orang dewasa," katanya.

Mungkin bukan cuma dia yang merasakan hal itu. Banyak orang yang mencoba bertanggungjawab untuk semua hal dan menanggung beban. Dan lewat lagu ini dia ingin berbagi pesan untuk membuat orang-orang itu merasa nyaman.

Ketika ditanya apa arti "Page" untuknya, dia menjawab tegas.

"Artinya Kang Seung-yoon," katanya, menyebut nama lengkapnya. "Dari semua lagu yang saya buat dan nyanyikan, ini adalah album yang mewakili saya. Saya ingin menyebut nama saya Kang Seung-yoon untuk mendefinisikan album itu."

Baca juga: Kang Seung Yoon WINNER akan rilis album solo pada Maret

Baca juga: Ada kenangan di Bali dalam album "Take" Mino WINNER

Baca juga: Mino WINNER dan Kim Junsu bakal "comeback"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021