Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadikan Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, menjadi percontohan kampung nelayan maju.

"Program ini menjadi salah satu prioritas KKP tahun 2021," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menteri Trenggono telah menandatangi prasasti kampung nelayan maju di Desa Suak Gual, yang dilakukannya bersama Bupati Belitung Sahani Saleh dan jajaran Eselon I lingkup KKP, Jumat (26/3).

Ia mengemukakan, warna-warni Desa Suak Gual menjadi daya tarik tersendiri sebagai permukiman nelayan.

Baca juga: KKP dukung orientasi pengembangan Bali ke sektor kelautan perikanan

Selain bersih dan tertata rapi, lanjutnya, desa tersebut juga dinilai memiliki fasilitas yang baik sehingga dapat menarik wisatawan dari luar Belitung.

Pengembangan kampung nelayan maju ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) KKP. Upaya ini dilakukan untuk mengubah kampung nelayan dari kesan miskin, kumuh dan kotor menjadi lebih maju dan tertata dengan baik.

Sepanjang tahun ini akan ada 25 lokasi kampung nelayan yang akan dikembangkan dan dimulai dari Belitung sebagai percontohan.

Baca juga: KKP: Syarat izin migas di laut adalah pemulihan ekosistem

Tujuan program ini untuk mengubah wajah kampung nelayan di Indonesia menjadi semakin baik dan tertata. Kampung yang bersih, sehat dan nyaman diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup serta perekonomian masyarakat pesisir.

Program penataan kampung nelayan maju di Belitung dilaksanakan secara padat karya. Realisasi bantuan untuk pembangunan ini mencapai Rp615 juta untuk penyediaan bahan atau material dan upah pekerja padat karya.

"Desa Suak Gual ini dijadikan percontohan karena ibu-ibu-nya kreatif sementara para bapaknya giat melaut," ungkap Dirjen Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2018, jumlah desa pesisir di Indonesia tersebar di 12.857 lokasi. Bila dibandingkan dengan seluruh total desa di Indonesia, desa pesisir mencapai 15,32 persen dari total desa yang ada.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021