Jakarta (ANTARA) - Pelanggan kini dapat membeli kendaraan listrik Tesla dengan bitcoin, CEO Tesla Elon Musk menyampaikan hal tersebut pada Rabu (24/3), menandai langkah maju yang signifikan untuk penggunaan mata uang kripto dalam perdagangan.

"Anda sekarang dapat membeli Tesla dengan bitcoin," kata Musk di Twitter.

Musk menambahkan bahwa opsi tersebut akan tersedia di luar Amerika Serikat akhir tahun ini, dilansir Reuters, Kamis.

Pembuat mobil listrik itu mengatakan bulan lalu telah membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS dan akan segera menerimanya sebagai bentuk pembayaran untuk mobil, dalam langkah besar menuju penerimaan arus utama yang mengirim bitcoin melonjak ke rekor tertinggi hampir 62.000 dollar AS

Bitcoin, mata uang digital terbesar di dunia, naik lebih dari 4 persen setelah tweet Musk dan terakhir naik 3,5 persen pada 56.178 dollar AS.

Musk mengatakan bitcoin yang dibayarkan ke Tesla tidak akan diubah menjadi mata uang tradisional, tetapi dia memberikan beberapa detail lain tentang bagaimana pembayaran bitcoin akan diproses. Dia menyebut bahwa P
Perusahaan menggunakan "perangkat lunak internal dan "open source".

Sebagian besar perusahaan arus utama seperti AT&T Inc dan Microsoft Corp yang memungkinkan pelanggan membayar dengan bitcoin biasanya menggunakan pemroses pembayaran khusus yang mengubah mata uang kripto menjadi, katakanlah, dollar dan mengirimkan jumlahnya ke perusahaan.

Seperti mata uang kripto lainnya, bitcoin masih sedikit digunakan untuk perdagangan di negara-negara besar, terhambat oleh volatilitasnya dan waktu pemrosesan yang relatif mahal dan lambat.

Menyusul investasi Tesla dalam bitcoin, perusahaan termasuk Mastercard Inc dan Bank of New York Mellon Corp telah merangkul aset yang muncul, memicu prediksi bahwa bitcoin dan mata uang kripto lainnya akan menjadi bagian reguler dari portofolio investasi.

Kepala Eksekutif Uber Dara Khosrowshahi mengatakan perusahaan ride-hailing membahas dan "dengan cepat menolak" gagasan berinvestasi dalam bitcoin. Namun, dia mengatakan Uber berpotensi menerima mata uang kripto sebagai pembayaran.

General Motors Co mengatakan akan mengevaluasi apakah bitcoin dapat diterima sebagai pembayaran untuk kendaraannya.

Tesla baru-baru ini menambahkan "Technoking of Tesla" ke daftar judul resmi Musk.

Baca juga: Bos Tesla janji tak bocorkan data ke mana pun

Baca juga: Saingi Tesla, Geely siap luncurkan merek EV premium baru

Baca juga: Tiga kecelakaan Tesla diselidiki
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021