Operasi ODOL untuk mengurangi kerusakan jalan akibat beban berat dari kendaraan bermuatan melebihi kapasitas standar.
Kemang, Bogor (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar Operasi Over Dimension Over Loading (ODOL) untuk menertibkan angkutan yang kelebihan muatan.

"Berkaitan dengan program ODOL, saya menugasi Dishub Kabupaten Bogor untuk melakukan operasi penertiban terhadap kendaraan yang melebihi muatan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin di Kemang, Bogor, Rabu.

Menurut dia, operasi tersebut untuk mengurangi kerusakan jalan akibat beban berat dari kendaraan yang muatannya melebihi kapasitas standar.

"Ini kami lakukan agar program ini bisa berjalan dengan baik dan membudayakan masyarakat tertib dan taat terhadap peraturan lalu lintas,” kata Burhan.

Baca juga: Petugas jaring 142 kendaraan "over load" di Tol Soedijatmo

Di samping itu, dia akan mendorong percepatan pembangunan tol khusus kendaraan tambang rute Bogor-Serpong yang menyambung dari Sentul via Parung.

Dengan adanya jalur-jalur itu, dia berharap transportasi di Kabupaten Bogor akan tertib dan rapi.

Ia  lantas mengimbau para pengusaha dan masyarakat untuk mendukung program ODOL.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi mengatakan bahwa pihaknya berencana membuat angkutan masal berenergi listrik untuk mengurangi volume kendaraan dan membudayakan masyarakat menggunakan angkutan umum.

"Melihat kondisi sekarang meningkatnya kendaraan pribadi tetapi tidak memberikan banyak manfaat untuk masyarakat, kami  juga berencana mengganti kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan energi listrik," kata Budi.

Baca juga: 130 truk terjaring Operasi ODOL di Tol Cipularang

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021