Satgas COVID-19 Tangerang tindak tegas pelanggar prokes masa PPKM

Satgas COVID-19 Tangerang tindak tegas pelanggar prokes masa PPKM

Anggota Satgas pencegahan COVID-19 Kabupaten Tangerang memberikan sanksi push up kepada warga yang melanggar protokol kesehatan COVID-19 di Tangerang, Rabu (23/3/2021) ANTARA/Azmi Samsul Maarif

Tangerang, Banten (ANTARA) - Petugas dari Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang  Provinsi Banten menindak tegas warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes) saat diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Danramil 10/Sepatan Kabupaten Tangerang  Kapten Inf Agus Halim Siregar di Tangerang, Rabu mengatakan saat ini masih banyak ditemukannya warga yang mengabaikan protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga: Banjarmasin kembali perpanjang PPKM mikro hingga 5 April

"Petugas gabungan masih menemukan warga yang melanggar protokol kesehatan tidak memakai masker. Oleh karena itu petugas memberikan tindak tegas untuk disiplin protokol kesehatan dan memberikan masker," katanya.

Ia menuturkan dalam operasi pendisiplinan masyarakat pada masa PPKM mikro ini melibatkan TNI/Polri dan Satpol PP setempat sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Satgas beberkan dampak positif PPKM Mikro jilid tiga di 10 provinsi

"Operasi yang dilaksanakan di Jl. Raya Mauk, Km 11 Sepatan ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan warga masyarakat termasuk pengendara motor dan mobil untuk mematuhi protokol kesehatan," ujarnya

Menurutnya, kegiatan pendisiplinan tersebut akan terus dilakukan oleh pihaknya dalam rangka menekan penyebaran penularan virus corona yang saat ini masih terus terjadi di Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Kalsel petakan zonasi kasus COVID-19 sikapi PPKM mikro

Oleh karenanya perlu ada gerakan yang terus menerus mengajak masyarakat sekitar mematuhi protokol kesehatan.

"Kami mengajak masyarakat agar jangan pernah menyepelekan masker, karena memakai masker adalah salah satu cara efektif mencegah penyebaran COVID-19," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam mencegah penularan COVID-19 itu dapat berjalan dengan baik, jika adanya peran aktif seluruh elemen masyarakat.

"Memberikan imbauan dan sanksi adalah salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat. Tetapi yang paling penting adalah disiplin serta kepatuhan semua elemen masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran dan aturan pemerintah." kata dia.
Pewarta : Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021