penyelesaian IPA tersebut terus dikebut agar bisa selesai di tahun 2021
Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta Yusmada Faizal menargetkan warga di sepuluh kelurahan yang berdekatan dengan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Waduk Tomang Barat dan  Ancol akan mendapat akses pelayanan air bersih.

"IPA Waduk Tomang Barat yang mampu mengalirkan air bersih berkapasitas 20 liter per detik (LPS) itu rencananya akan melayani delapan kelurahan, yaitu Srengseng Utara, Meruya Utara, Meruya Selatan, Joglo, Kedaung, Rawa Buaya, Kembangan Utara dan Kembangan Selatan, sedangkan IPA Ancol rencananya akan melayani Kelurahan Ancol dan Pademangan Barat," kata Faizal di Jakarta Barat, Senin.

Baca juga: Dinas SDA DKI kebut pelayanan air bersih untuk Kepulauan Seribu

Faizal mengatakan penyelesaian IPA tersebut terus dikebut agar bisa selesai di tahun 2021. Adapun pengelolaannya nanti akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik DKI Jakarta, PT Perusahaan Air Minum Jakarta Raya (PAM JAYA).

Ia mengatakan bahwa usaha menata kelola sumber daya air di Provinsi DKI Jakarta masih terus berlanjut dengan proyek-proyek lain.

Baca juga: IPA Mookervart sanggup layani hingga 1.902 unit rusun

Tercatat saat ini terdapat proyek peningkatan empat waduk besar, di antaranya Waduk Pondok Ranggon Cipayung, Waduk Wirajasa Cipinang Melayu Jakarta Timur,  Waduk Brigif Jagakarsa, dan Waduk Lebak Bulus Jakarta Selatan untuk pencegahan banjir dan penyediaan sumber air baku bagi warga di DKI Jakarta.

"Itu terkait juga dengan penyediaan sumber air baku," kata Faizal.

Baca juga: Anies apresiasi kualitas air hasil pengolahan IPA Mookervart

Selain itu ada juga proyek peningkatan sungai dengan drainase vertikal secara masif untuk menjaga keseimbangan volume air tanah.

"Kami merencanakan akan membuat tahun 2021 sebesar 90.000 meter kubik drainase vertikal di lima wilayah Jakarta," kata Faizal.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021