Medan (ANTARA) - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia ke depan melalui keberhasilan sektor pertanian.

"Sektor pertanian yang berhasil akan meningkatkan kesejahteraan. Lulusan Polbangtan menjadi salah satu pionir yang mampu menghadirkan kehidupan lebih baik di Indonesia," ujarnya  saat memberikan kuliah umum di Polbangtan, Medan, Senin.

Menurut dia, mahasiswa Polbangtan tidak boleh kalah dengan generasi sama dari negara asing, karena sistim pendidikan di Indonesia saat ini sudah sama dengan asing.

Dia menegaskan, kesiapan SDM memang sangat menentukan keberhasilan di sektor pertanian, seiring dengan sumber daya alam Indonesia yang berlimpah dan memiliki berpotensi besar.

"Sumber daya alam bagus, jadi SDM yang perlu ditingkatkan. Siswa Polbangtan harus mampu membawa Indonesia yang lebih baik dari kemajuan sektor pertanian, " kata Mentan.

Mentan juga mengingatkan, untuk berperan dalam menjadikan Indonesia yang lebih baik, mahasiswa Polbangtan juga harus meningkatkan etika, memiliki komitmen dan rasa nasionalisme yang kuat serta mampu berkolaborasi.

"Tanpa etika, tanpa komitmen yang kuat dan berkolaborasi, kepintaran akan sia-sia. Jadi semuanya itu harus dimiliki mahasiswa Polbangtan Medan," katanya.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini menegaskan, Polbangtan terus berupaya memberi kontribusi di tengah masyarakat.

Ia mencontohkan, mahasiswa Polbangtan Medan saat ini ikut menjadi pendamping petani pada "food estate" yang dibangun pemerintah di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut.

Baca juga: Polbangtan YoMa hasilkan alternatif sumber benih bawang merah
Baca juga: BPPSDM Pertanian siap maksimalkan sistem pengendalian internal
Baca juga: Mentan minta Politeknik Pertanian ciptakan SDM dan lapangan kerja

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021